Aliansi Garuda Kupang Tolak Gerakan Aktivis Pro Separatisme Papua di NTT

Kupang, GerbangNTT. Com
- Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Garuda Kupang menggelar deklarasi Tolak Gerakan Aktivis Pro Separatisme Papua, di Taman Generasi Penerus (TAGEPE) Jl. Sam Ratulangi Kota Kupang, Selasa (27/10/2020).

Dalam deklarasi tersebut mereka membentangkan sebuah spanduk yang bertuliskan "Kami Organisasi Masyarakat Garuda Kupang - NTT Menolak Tegas Adanya Aksi Unjuk Rasa Bersifat Separatis yang Dapat Memecah Belah Bangsa" Karena Kami Cinta Indonesia, Kami Jaga Nusa Tenggara Timur".

Menurut Koordinator Aksi, Meks N. Sinlae, bahwa tujuan dari deklarasi ini sebagai penyampaian kepada masyarakat bahwa kami Garuda Kupang-NTT akan selalu berada di garda terdepan dalam menjaga kota Kupang ini agar kondusif, aman dari para perusuh.

“Kita melihat dari beberapa aksi demonstrasi yang terjadi anarkisme di lapangan berupa pengrusakan fasilitas umum, pelemparan terhadap aparat dan juga terkandung unsur separatis yang mereka bawa masuk kedalam kota ini, yang kami pantau sejauh ini ada mahasiswa yang mendukung separitisme,” katanya.

Meks mengatakan, mereka tidak pernah membatasi siapapun untuk menyuarakan aspirasi di depan umum, mereka meminta agar dalam melakukan aksi harus sesuai dengan prosedur dan aturan yang diberlakukan dalam UU, tidak perlu melakukan tindakan anarkis apalagi sampai merusak fasilitas umum bahkan sampai melempar aparat. Apabila hal ini terjadi lagi maka kami Garuda Kupang akan bertindak dan tidak bisa tawar menawar.

Deklarasi tersebut Aliansi Garuda Kupang menyampaikan 4 tuntutan diantaranya;

1. Kami Garuda kupang NTT menentang keras segala bentuk anarkis, pengerusakan fasilitas publik dalam setiap aksi demonstrasi di depan umum.

2. Kami Garuda kupang NTT menolak keras segala bentuk gerakan separatis yang berada di tenah flobamora khususnya kota kupang, Sebab NKRI adalah negara Demokrasi oleh karena itu gerakan-gerakan separatis tidak pentas berkembang biak di negara ini.
3. Meminta kepada aparat untuk mengusut aktor dan provokator dari gerakan separatis yang ada di NTT khususaya kota kupang.
 
4. Sebagai bentuk jiwa nasionalisme kami kepada NKRI maka Garuda kupang NTT akan berada di garda terdepan dalam menjaga bumi flobamora tetap aman.

Di akhir orasinya, Meks mengatakan, kami GARUDA Kupang NTT akan siap mengawal pernyataan sikap ini demi masa depan NTT dan keutuhan NKRI.

[Fk/G-Ntt]

Lebih baru Lebih lama