Kopi Lakmaras Terkenal dan Program Penuhi Kebutuhan, Ibu-Ibu Pekikkan 'Heser-Heser' untuk Sahabat

Atambua, GerbangNTT. Com - Kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willybrodus Lay-JT Ose Luan masih berlangsung di zona I hingga hari ketujuh per Jumat (02/10/2020).

Kampanye pasangan calon yang terkenal dengan sandi politik Paket Sahabat di hari ketujuh itu sudah menyisir hingga daerah Lamaknen Selatan.

Kampanye Paket Sahabat yang juga calon incumbent di daerah Lamaknen Selatan langsung oleh calon Bupati, Willybrodus Lay dan didampingi tim pemenang dan Anggota DPRD Belu asal parpol pengusung Paket Sahabat di antaranya Jeremias Manek Seran Jr yang juga menjabat Ketua DPRD Belu, Anggota DPRD Belu Aquilina Ili, Frans Xaver Saka, Manuel Do Carmo, Yakobus Nahak dan Mady Manek.

Terpantau, calon Bupati Paket Sahabat, Willybrodus Lay bersama tim melakukan kampanye pertemuan terbatas di beberapa titik se-Kecamatan Lamaknen Selatan.

Kehadiran pasangan calon Paket Sahabat seolah mendapat tempat istimewa di hati masyarakat di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste itu.

Hal itu nampak dari antusisme warga saat menyambut kedatangan paslon bersama tim dari titik ke titik kampanye.

Nampak warga menyambut hangat kedatangan calon Bupati, Willy Lay dengan mengalungkan selendang dan mengarahkan untuk masuk ke tenda pertemuan sembari memekikkan ‘heser-heser’ (mati-mati) untuk Sahabat.

Pekkikan ‘heser-heser’ untuk Sahabat mayoritas dilakukan ibu-ibu yang juga antusias hadir saat kampanye di setiap titik sejak kedatangan calon, saat sedang hingga akhir kampanye.

'Heser-heser' yang adalah bahasa daerah wilayah itu dipekikkan ibu-ibu sambil mengacungkan jari telunjuk ke atas bertanda pilih nomor 1 (nomor calon Paket Sahabat).
Orasi politik Anggota DPRD Belu asal PDI Perjuangan, Aquilina Ili
Salah seorang Ibu, Agustinha Builusan (56) warga Dusun Lakmaras Tas, Desa Lakmaras di sela-sela kampanye kepada media ini mengaku antusias hadir dan menyambut kampanye paslon Paket Sahabat karena merasa bangga dengan kinerja rejim Sahabat selama hampir lima tahun memimpin Belu.

Mama Agustinha mengaku bangga karena di era kepemimpinan rejim Sahabat, mampu mendorong produksi kopi lakmaras melalui BUMDes sehingga Desa Lakmaras dapat dikenal di mana saja.

Selain itu tambah Mama Agustinha bahwa, dirinya sebagai warga Lamaknen Selatan merasa bangga dan senang karena baru bisa menikmati jalan dan listrik di era kepemimpinan Bupati Willy Lay dan Wakil Bupati, Ose Luan.

“Kami di Sahabat dari dulu. Kopi lakmaras terkenal karena Sahabat, jalan bagus karena Sahabat, listrik masuk karena Sahabat, jadi kami heser-heser Sahabat,” kata Mama Agustinha begitu antusias diamini Mama Dominika Moru.

Mama Dominika Moru (55) menambahkan, dirinya akan mendukung Paket Sahabat karena kerja nyata selama ini sudah dirasakan apalagi ada tawaran program baru yang dirasanya akan memenuhi kebutuhan seperti Susu gratis untuk anak PAUD, seragam gratis untuk aanak SD-SMP dan benang gratis untuk ibu-ibu bisa tenun.

“Kami Sahabat saja supaya bantu anak-anak susu dan baju sekolah. Untuk kami ibu-ibu juga bisa tenun karena terima benang gratis. Dari pada kami beli,” timpal Mama Dominika.

Sebelumnya, Anggota DPRD Belu, Aquilina Ili dalam orasinya menegaskan, Paket Sahabat ada di hati masyarakat Lamaknen Selatan. Bukan saja karena kedua figur (Willy Lay-Ose Luan) menjabat Bupati dan Wakil Bupati Belu, tetapi sejak dulu kedua sosok ini sudah sangat mengenal dan dikenal warga.

Hari ini tegas politisi PDI Perjuangan itu bahwa, Lamaknen Selatan berubah maju dengan infrastruktur jalan dan listrik dapat dinikmati karena perhatian Willy Lay-Ose Luan selama masa kepemimpinan hampir lima tahun ini.

Anggota DPRD Belu dua periode yang juga asal Dapil Lamaknen Selatan itu membantah adanya isu bahwa kepemimpinan Willy Lay-Ose Luan selama empat tahun lebih gagal membangun Belu.

“Siapa bilang gagal? Kalau gagal Lamaknen Selatan tidak seperti sekarang ini. Kita harus bersatu, tanggal 9 pilih Sahabat nomor 1. Sahabat satu kali lagi demi kemajuan Belu khususnya Lamaknen Selatan lebih maju lagi,” pungkasnya.

[No-G/Ntt]
Lebih baru Lebih lama