Kadis Kominfo Belu: Tantangan Informasi Media ke Publik Cukup Berat

ATAMBUA, GerbangNTT. Com - Dinas Kominfo Kabupaten Belu yang memiliki tupoksi menyajikan informasi ke publik perlu terus dibenahi sehingga menyajikan berita yang layak disiarkan.

Pasalnya, tantangan pelayanan informasi media kepada publik cukup berat ke depan.

Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin dalam sambutannya pada pelatihan jusnalistik televisi dan sosialisasi kode etik jurnalis dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan ke-13 tahun 2019 di aula Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Selasa (28/05/2019).

"Semua aspek, kita akan terus benahi, terutama sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor pendukung utama," kata Jap, akrab disapa.

Terkait konteks kegiatan, jelas Kadis Jap pelatihan ini menjadi sebuah rancangan proyek perubahan yang merupakan tugas yang harus dilaksanakan demi kepentingan Belu TV khususnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Belu akan informasi secara menyeluruh.

Diharapkan, pelatihan ini bisa menghasilkan sebuah rancangan keberadaan Belu TV melalui penataan organisasinya agar menjadi sebuah unit pelaksana teknis daerah (UPTD) ke depan.

Sementara itu, peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III, Hironimus Mau Luma selaku penyelenggara mengatakan suatu perusahaan media bisa eksis dapat ditunjang dengan beberapa hal di antaranya ketersediaan SDM dan anggaran.

"Peningkatan SDM dapat dilakukan melalui pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sedangkan anggaran perlu disediakan secara cukup untuk menyiapkan sarana-prasarana demi pelayanan informasi yang lebih maksimal," ujarnya.

Untuk Kabupaten Belu, kata Rony demikian akrab disapa Belu TV belum memberi layanan informasi secara menyeluruh.

Sehingga, perlu diperluas jangkauan melalui penyediaan sarana dan SDM yang memadai.

Untuk diketahui, tampil sebagai narasumber pada kegiatan pelatihan jusnalistik televisi dan sosialisasi kode etik jurnalis dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan ke-13 tahun 2019 tersebut Reporter Kompas Tv, Lius Sikone yang membawakan materi tentang Teknik Dasar Sebagai Jurnalis Tv dan Reporter MNC Media dengan materi "Praktek Lapangan Dalam Sesi Peliputan Teknik  Pengambilan Gambar.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama