KPU Belu Tetapkan DPT Pileg 2019

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu di Aula Hotel Nusantara II, Senin (20/08/2018).

Dalam rapat pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Belu, Marthin Bara Lay itu menetapkan sebanyak 127.217 warga Belu menjadi pemilih tetap pada Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang.

Daftar pemilih tetap ini terdiri dari jumlah pemilih Laki-Laki 62.199 orang, jumlah pemilih Perempuan 65.018 orang. Sementara Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 623 yang tersebar di 81 Desa/Kelurahan di 12 kecamatan se-Kabupaten Belu.

Usai penetapan DPT, kepada awak media Ketua KPU Kabupaten Belu Marthin Bara Lay mengemukakan bahwa dengan penetapan DPT ini, warga Belu yang sudah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum 2019.

Pihak KPU jelas Bara Lay akan mengumkan DPT yang sudah ditetapkan kepada masyarakat di Kantor Desa atau kelurahan.

Masyarakat bisa melihat daftar nama-nama di pengumuman tersebut agar bisa memberikan tanggapan jika ada hal yang perlu diperbaiki.

“Bisa cek nama lewat website KPU atau melihat di kantor Kelurahan dan desa masing-masing karena nama-nama juga akan ditempelkan disana,” imbuhnya.

Untuk memastikan namanya terdaftar, Bara Lay mengimbau Warga dapat mengecek di Website KPU ataupun mendatangi kantor kelurahan/desa di Kabupaten Belu.

Bara Lay juga meminta kerja sama dari pemerintah, para pimpinan Parpol beserta pihak-pihak terkait untuk secara bersama membantu warga yang memiliki hak pilih, tapi belum terdaftar agar dikoordinasikan kepada KPU.

“Apabila ada warga yang belum terdaftar, masih ada kesempatan untuk dapat di akomodir hak suaranya hingga pada hari H nanti,” kata Bara Lay.

Kesempatan itu Bara Lay berterima kasih kepada PPK yang telah bekerja keras dalam menyempurnakan data pemilih mulai dari Pilgub hingga pileg.

"Kita juga berterima kasih kepada pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu yang telah membantu dan mendukung proses penyelenggaraan pilgub NTT hingga berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Rapat pleno didampingi komisioner yakni, Elisabeth M.P Botha, Sisilia Prisca Tes, Mikhael Nahak dan Yakobus Fahik Nahak.

Turut hadir anggota Bawaslu Kabupaten Belu, unsur Pemerintah Kabupaten Belu, pimpinan parpol, TNI, Polri dan tokoh masyarakat.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama