Tingkat Partisipasi Pilgub NTT 2018 di Belu Rendah

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Belu, Timor Barat pada Pilgub NTT yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu masih cukup rendah.

Pasalnya, dari 123.115 DPT yang terdaftar untuk ikut Pilgub NTT, hanya 80.707 (64,49%) pemilih yang berpartisipasi, sementara kurang lebih 42.408 (35,51%) pemilih yang terdaftar tidak menggunakan hak pilih.

"Tingkat partisipasi masyarakat walaupun dari pemilu yang lalu ada peningkatan, namun masih cukup rendah karena ada 64,49% yang menggunakan hak pilih. Sementara lainnya kalau kita buat dalam bentuk angka kurang lebih ada 40ribu pemilih yang terdaftar dalam DPT tapi tidak menggunakan hak pilih," kata Ketua KPU Belu A Marthin Bara Lay kepada wartawan usai menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Tingkat Kabupaten Belu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tahun 2018 di Aula Hotel Nusantara Dua Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat, Rabu (04/07/2018).

Dikatakan Bara Lay, rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pilgub NTT 2018 ini ini PR bagi pihaknya (KPU Kabupaten Belu) selaku penyelenggara dan seluruh komponen masyarakat untuk mengantisipasi di Pemilu legislatif 2019 nanti.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk mengajak masyarakat ikut dalam pemilu, namun kembali ke pribadi masing-masing masyarakat yang memeliki hak pilih. Ini hak jadi kita tidak bisa memaksa, kembali ke kesadaran sendiri," ujarnya

Sehingga tambah Bara Lay, ini menjadi PR besar bagi KPU Belu untuk terus sosialisasi agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilu terutama pemilu 2019 nanti.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama