Hari Lahir Pancasila, Siswa Perbatasan Kecewa Karena Pemkab Belu Batalkan Upacara

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Ratusan pelajar SD dan SMP dari beberapa daerah di Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-RDTL kecewa lantaran tidak ada upacara bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tingkat kabupaten itu, Jumat (01/06/2018) yang dijadwalkan berlangsung di Lapangan halaman depan Kantor Bupati Belu.

Terpantau Media ini, para pelajar yang mengenakan pakaian adat lengkap sejak pagi sudah menunggu di halaman kantor Bupati Belu untuk mengikuti upacara bendera.

Sayangnya, tanpa komunimasi dari pihak Pemkab Belu, upacara yang dijadwalkan akan mulai pukul 08.00 Wita tidak jadi dilaksanakan.

Akibatnya, para pelajar terpaksa harus kembali dengan rasa kecewa.

Halaman kantor Bupati Belu terlihat lapangan upacara sepi dan tidak ada aktivitas.

Hanya terlihat beberapa anggota Sat Pol PP yang berjaga di pos depan kantor bupati.

Terlihat ada petugas yang menyampaikan kepada para pelajar dan guru pendamping bahwa upacaranya akan ditunda ke hari Senin, 4 Juni mendatang.

Merasa dikecewakan, mereka langsung meninggalkan area lapangan Kantor Bupati Kabupaten Belu berjalanan kaki lantaran kendaraan yang ditumpangi sudah meninggalkan mereka.

Ada juga yang masih menunggu jemputan karena rumah dan sekolahnya yang jauh dari lokasi Kantor Bupati Belu.

Salah satu guru pendamping yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, berdasarkan surat edaran yang diterima, mereka diperintahkan oleh Pemkab Belu untuk mengikuti upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada Jumat, 1 Juni 2018 di Kantor Bupati Belu.

Namun, meski upacara dibatalkan, hingga pagi tadi juga tidak ada konfirmasi dari pihak Pemkab Belu tentang penundaan upacara tersebut.

“Surat edaran ke sekolah kami bahwa upacaranya hari ini. Tapi sampai pagi tadi juga tidak ada yang mengkonfir ke kita tentang penundaan,” ujar sumber itu.

Dirinya mengaku sangat kecewa lantaran sejak pagi sudah datang jauh-jauh untuk mengikuti upacara, namun setelah menunggu dua jam lebih, sumber itu mengaku diberitahu bahwa upacara ditunda.

Terpisah, Bupati Belu Willybrodus Lay mengaku tidak mengetahui bahwa pada Jumat, 1 Juni 2018 akan ada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Kantor Bupati Belu.

Bupati Wily juga mengaku tidak mengetahui akan surat edaran yang dikeluarkan dari Pemkab Belu untuk upacara peringatan salah satu hari nasional tersebut.

“Saat ini saya ada di Jakarta. Rasanya tidak ada perintah apel hari ini yang ada nanti hari Senin. Jadi saya tidak tahu,” kata Bupati Wily.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama