Bupati Lay: TTG Cara Ampuh Mendorong Percepatan Kemandirian Desa

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh untuk mendorong percepatan dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Desa.

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan hal itu dalam sambutannya saat membuka kegiatan Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-4 se-Propinsi NTT tahun 2018 yang digelar di pesisir pantai sekitaran pintu PLBN Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL, Rabu (25/04/2018).

Dikatakan Bupati Lay, saat ini pemanfaatan TTG harus menjadi kebutuhan utama bagi setiap lapisan masyarakat dalam upaya mengatasi kesulitan untuk mencapai hasil produksi secara maksimal di berbagai bidang.

Menurutnya, melalui TTG ini masyarakat pengguna teknologi dapat bertambah wawasan dan meningkatkan inovasi serta kreativitas dalam hal pemanfaatan teknologi sesuai dengan kondisi lokal/wilayah NTT.

"Kita harus mendorong inovasi dan menguasai teknologi agar bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas. Ini sejalan dengan peran teknologi sebagai solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Lay.

Ia berharap sentuhan TTG mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan.

Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-4 se-Propinsi NTT tahun 2018 ini mengambil tema; "Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Kemandirian, Kesejahteraan dan Kedaulatan Desa".

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim PKK Propinsi NTT Ny. Adinda Lebu Raya, Bupati Sabu Raijua, Wakil Bupati Belu Drs. J.T Ose Luan, Wakil Ketua I DPRD Belu Bene Halek, Sekda Belu Drs. Petrus Bere, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Propinsi NTT, Ketua Tim PKK Kabupaten Belu Ny. Viviawaty Lay Ng dan Ketua Tim PKK se-Kabupaten/Kota Propinsi NTT.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama