Jalin Persahabatan, Kemenpora Gelar Sepakbola Tapal Batas.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Sebagai ajang pembinaan usia dini di daerah-daerah pelosok Indonesia, pemerintah Indonesia melalui Kemenpora menggelar pertandingan sepak bola persahabatan di Atambua-Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste.

Pertandingan persahabatan tersebut berlangsung di Lapangan Sepak Bola SSB Bintang Timur, Jumat (15/12/2017)

Turnamen yang diikuti timnas U-16 Indonesia, timnas U-16 Timor Leste, dan SSB Bintang Timur Atambua dibuka secara resmi oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay di dampingi Deputi Bidang Pembudayaan olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta, Menteri Olahraga Timor Leste Osorio Florindo dan Ketua Komisi V DPR RI yang juga pendiri SSB Bintang Timur Fary Djemy Francis.

Deputi Bidang Pembudayaan olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta mengatakan bahwa ajang ini bukanlah yang kali pertama di gelar oleh Kemenpora.

Ia menuturkan bahwa sebelumnya juga pernah dilakukan laga serupa antara Indonesia dengan Malaysia yang berlangsung di Provinsi Kalimantan Barat.

"Hubungan persahabatan ditingkatkan melalui olahraga. Sebelumnya dilakukan terhadap Malaysia, kemudian Alor dengan Timor Leste. Lanjut kini terhadap Atambua dengan Timor Leste yang tanpa batas laut, di mana interaksi sosial terjadi setiap hari di perbatasan ini, sehingga kita kuatkan lagi interaksi sosial tersebut melalui olahraga," kata Isnanta.
Olahraga tambah Deputi memiliki value yang luar biasa tak hanya sekadar meraih prestasi serta meningkatkan kebugaran, namun juga mampu membangun kebersamaan persaudaraan.

"Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, pembangunan itu harus dimulai dari terdepan Indonesia di segala bidang, termasuk olahraga," imbuhnya.

Menteri Olahraga Timor Leste Osorio Florindo mengatakan bahwa kegiatan ini mampu membangun sejarah kebersamaan antara negara tetangga yang sangat berdekatan.

"Kami berterima kasih kepada Menpora RI Imam Nahrawi, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Bupati Belu Willybrodus Lay, Fary Djemy Francis Ketua Komisi V DPR RI atas berlangsungnya kegiatan ini, karena melalui ajang ini mampu membangun komunikasi, persahabatan serta kedamaian di perbatasan," tutur Florindo.

Sementara itu Farry Francis yang juga manajer Timnas U-16 pada kesempatan pembukaan pertandingan mengatakan, pertandingan ini dalam rangka membangun persahabatan Indonesia dan Timor Leste.

"Tahun depan kita akan undang dari provinsi lainnya di Indonesia, juga dari Australia," katanya.

Pada pertandingan perdana antara tim pelajar U-16 Indonesia melawan SSB Bintang Timur, tim pelajar U-16 menang dengan skor 3-0. Meski sebagai tuan rumah kalah, SSB Bintang Timur tetap puas dengan permainan para pemainnya.

"Saya senang mereka tidak gugup meski lawan yang dihadapi kualitasnya di atas mereka," kata Farry.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama