Setahun Dana BOS Hilang, DPRD Belu Nilai Pemerintah Tak Serius Urus Pendidikan

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Kegiatan operasional SMPN Laktutus di Kecamatan Nanaet Dubesi, Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-RDTL sudah setahun tidak berjalan lancar.

Hal ini disebabkan karena dana BOS Sekolah tersebut menghilang dan tidak disalurkan sejak Oktober 2016 lalu hingga November 2017 ini.

"Sekolah itu tidak lagi mendapat bantuan dana BOS tanpa alasan yang jelas. Ini merupakan indikasi pemerintah melalui dinas teknis telah melakukan pembiaran. Jangan sampai ini juga merupakan bentuk ketidakseriusan pemerintah dalam mengurus pendidikan sekolah tersebut," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Belu, Stefanus Mau kepada awak Media, Kamis (23/11/2017).

Dirinya belum mengetahui alasan dana BOS SMPN Laktutus menghilang.
Ia menilai terjadi ketimpangan, karena pemerintah tidak proaktif dalam menyelesaikan masalah yang merundung warga SMPN Laktutus.

"Ini sudah masalah, tapi penanganannya tidak jelas sampai saat ini," ujarnya.

Dijelaskannya, informasi tentang masalah dana BOS SMPN Laktutus diketahui saat dilakukan reses di Kecamatan Nanaet Dubesi bersama beberapa anggota dewan pada bulan November lalu.

Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam jawabannya terhadap pertanyaan Fraksi NasDem terkait dana BOS SMPN Laktutus, beberapa hari lalu mengatakan, tidak cairnya dana tersebut disebabkan sekolah tersebut terlambat sinkronisasi data pokok pendidikan (Dapodik) yang harusnya paling lambat September 2016. Akibatnya, Dana BOS triwulan IV 2016 tidak bisa cair.

Persoalan ini jelas Bupati Lay, pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan  Provinsi NTT. 

Bupati Lay juga menugaskan kepala sekolah SMPN Laktutus untuk berkoordinasi langsung dengan Kemendiknas dan sudah sarankan agar pihak sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi NTT selaku pengelola dana BOS.

“Pemerintah terus berupaya melakukan koordinasi dan membangun komunikasi namun hingga saat ini dinas pendidikan provinsi NTT belum juga melakukan transfer dana BOS SMPN Laktutus,” beber Lay.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama