Komitmen Cetak Bintang Hijau Dari Batas, BTA Gandeng FKPPI Gelar Turnamen Futsal

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Komitmen untuk membangun olahraga khususnya mencetak bintang sepak bola alias bintang lapangan hijau dari perbatasan RI-Timor Leste khususnya Kabupaten Belu, kian dilakukan Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur.

Komiten SSB Bintang Timur tersebut dibuktikan dengan kembali menggelar Turnamen Futsal Bintang Timur Akademi dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (BTA-FKPPI) Cup.

Turnamen Futsal yang berlangsung hari ini Minggu, (15/10/2017) di lapangan Futsal SSB Bintang Timur dan diikuti 27 team Futsal itu di buka secara resmi oleh pendiri SSB Bintang Timur, Farry Djemi Francis.

Hadir pada saat itu, Dandim 1605/Belu Letkol Inf Czi Nurdihin Adi Nugroho, Kadispora Belu, Janggur Blasius, Ketua Koni Belu, Norbert Andrada, Danki Brimob dan Kades Kabuna.

Farry Francis dalam sambutannya saat membuka turnamen tersebut mengemukakan bahwa, terselenggaranya kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit terbaik dalam olahraga sepakbola terutama futsal yang saat ini sudah masuk menjadi salah satu cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kita bangun sepak bola dari batas. Turnamen ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit terbaik," ungkap Farry
Saat ini lanjut Farry, SSB Bintang Timur telah menghasilkan dua pemain dari Kabupaten Belu untuk ikut masuk dalam tim nasional U 16.

"Sementara seleksi di liga I, mudah-mudahan melalui turnamen-turnamen yang kita lakukan bisa bertambah lagi," tuturnya.

Untuk itu tambah Farry, kegiatan ini diharapkan masyarakat Belu bisa manfaatkan falsilitas untuk berlatih sehingga bisa ikut kompetisi futsal yang saat ini sudah di diselenggarakan di tingkat PON.

Lebih lanjut jelas Farry yang saat ini menjabat Intelijen Sport PSSI Pusat itu bahwa melalui turnamen ini juga ingin memperkenalkan kembali FKPPI yang sempat tenggelam beberapa tahun terakhir kepada masyarakat.

Selain itu, turnamen ini juga merupakan rangkaian pelantikan pengurus FKPPI NTT yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2017 mendatang.

"Turnamen ini juga untuk memperkenalkan FKPPI yang dalam satu dua tahun ini tenggelam, sehingga kita mau bangkit lagi FKPPI dan itu kita mulai dari batas dan puncaknya pada pelantikan pengurus FKPPI Propinsi NTT pada Hari Sumpah Pemuda nanti," tuturnya.

Diakhir sambutannya, Farry yang juga Ketua Komisi V DPR RI itu menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan turnamen Futsal tersebut.
"Terimakasih untuk dukungan Pemkab Belu dalam hal ini Koni dan Dispora pada turnamen futsal ini," pintanya.

Kadispora Belu, Janggur Blasius dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Belu sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan futsal tersebut.

"Terimaksih dan apresiasi untuk Pak Farry yang telah memprakarsai sepakbola futsal ini," katanya

Team yang bertanding tambah Blasius, untuk manfaatkan kegiatan ini untuk bertanding dan menjunjung tinggi sportivitas. Siapa tau kedepan bakat yang ada dapat dibina lebih lanjut.

Sementara itu, Dandim 1605/Belu selaku pembina FKPPI dalam sambutannya mengatakan turnamen ini merupakan ajang untuk mencari bakat di kalangan anak-anak remaja di Kabupaten Belu.

"Ini menjadi peluang untuk bibit-bibit muda, tekuni dan kembangkan sehingga menjadi profesional di bidang olahraga futsal ini," kata Dandim.

Olahraga lanjut Dandim Nurdihin, mau dimanapun berada standarnya sama dan peluang yang sama untuk semua bisa berprestasi.

"Junjung sportifitas dan utamakan keselamatan. Semoga turnamen ini bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya," pintanya.

Sebelumnya Ketua Panitia turnamen BTA-FKPPI Cup, Jhon Leki dalam laporannya mengemukakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh BTA, FKPPI dan Sofar-Sobat Farry.

Sementara team yang ikut dalam turnamen ini sebanyak 27 team dan partai final akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober mendatang.

"Pemenang dalam turnamen ini akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan. Termasuk team favorit dan suporter favorit," pintanya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama