Kembangkang UKM: RKB Bekali Pelaku UKM di Belu.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Untuk memberdayakan kelompok UKM di Kabupaten Belu, BNI Cabang Atambua melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) memberi pemahaman manajemen dan bisnis kepada para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya kelompok tenun ikat khas Belu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelatihan termasuk pemahaman teknis terkait pengembangan UKM yang dimiliki.

Hal ini dksampaikan Direktur BNI Cabang Atambua, Philipus Maximus di sela-sela kegiatan yang dilakasanakan di Aula Hotel Nusantara II Atambua, Senin (16/10/2017).

"BNI merupakan sponsor yang memberikan motivasi dalam pengembangan UKM sehubungan dengan kredit modal usaha yang disalurkan. Pemahaman ini yang disampaikan dalam pelatihan dilakukan lebih awal agar pelaku usaha bisa memahami dan memajukan usahanya," ujarnya.

Peserta tambah Philipus diberikan panduan pengelolaan atau manajemen yang baik agar pelaku usaha tidak mengalami kesulitan.

"Kalau punya pemahaman lebih awal, akan lebih baik, sehingga bisa jalankan usahanya," kata Philipus.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Belu, Yeremias Kali Taek mengatakan pemerintah mengapresiasi keterlibatan BNI dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuan pelaku UKM.

Keterlibatan ini memberikan arti bahwa pembangunan khususnya pengembangan UKM merupakan tanggung jawab bersama. Pamerintah bangga, karena BNI memberi fokus kepada UKM dengan jenis usaha tenun ikat.

Dikatakan, kekuatan ekonomi perlu ditopang dengan keberhasilan pelaku UKM. Jika tidak, kegiatan perekonomian tidak berkembang lebih baik karena UKM tidak diberi peluang yang sama dalam mengembangkan usahanya.

Berkaitan dengan usaha tenun ikan, kata Yeremias memiliki peluang usaha yang bagus, sehingga perlu dikembangkan.

Selain mamajukan usaha tenun ikat daerah, pengembangan UKM tenun ikat bertujuan melestarikan corak khas pakaian adat, sehingga tidak hilang di masa-masa yang akan datang.

Diharapkan, pelaku usaha dapat mengikuti pelatihan secara maksimal agar jenis usaha yang akan dikembangkan ke depan dapat memiliki daya saing.

Untuk diketahui, pelatihan BNI melalui  Rumah Kreatif BUMN Berbisnis" Out of the Box" Di Era  Global diikuti kurang lebih 70 peserta yang difasilitasi juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belu.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama