Bea Cukai Atambua Bongkar Peti Berisi Spare Part Moge Harley Davidson


GerbangNTT. Com, ATAMBUA – Sebanyak 25 peti berisi spare part sepeda motor gede (Moge) jenis Harley Davidson akhirnya dibongkar pihak Bea dan Cukai Atambua di Atapupu, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-Timor Leste.

Disaksikan Media ini, Jumat (06/10/2017) sore tadi sekira pukul 16.00 Wita, satu persatu petugas Bea dan Cukai mencacah atau mendata spare part Moge jenis Harley Davidson yang dikeluarkan dari peti tersebut.

Plt Kepala Seksi Penindakan dan Pengawasan Kantor Bea dan Cukai Atambua, Roben Dima yang memimpin dan mengawasi pembongkaran peti tersebut kepada Media ini mengatakan, pembongkaran dilakukan pihaknya sebagai proses penyedilidikan untuk mendalami dan memastikan secara pasti isi dalam peti tersebut.

"Ini sementara bongkar, kita hanya bisa hitung spare part yang ada dalam peti. Setiap kotak kita bongkar, hitung dan cacah/data," ujar Dima.
Hingga saat ini lanjut Dima, pihaknya baru bisa bongkar 11 peti dari 25 peti yang ada.

"Sampe hari ini baru 11 peti yang kita bongkar. Kemarin 4 peti, hari ini paling banyak karena ada tambahan tenaga (petugas), paling cepat hari minggu atau Senin selesai baru bisa disimpulkan," tuturnya.

Dijelaskannya, setelah membongkar dan mencacah isi peti tersebut, pihaknya akan mendatangkan teknisi yang memiliki pengalaman dibidang otomotif (montir) untuk merakit spare part Moge yang ada.

"Nanti kita datangkan orang yang bisa merakit untuk mengetahui apa jenis motornya, terutama kalau misalkan diproses hukum lebih lanjut, bukti hukum kan kita menyebut unit harus ahlinya, harus orang yang paham," pintanya.

Meski isi peti yang dikeluarkan tersebut mengindikasikan spare part Moge jenis Harley Davidson, Dima mengaku belum bisa memastikannya.

"Kita masih cacah, belum selesai. Kalau dilihat dari jenis barang, memang kita belum produksi barang seperti ini. Dari packingnya sudah pasti dari luar," pintanya. [G-NTT/MP]
Lebih baru Lebih lama