Danrem Angkasa: TMMD Untuk Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat


GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 100 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan TMMD oleh TNI dalam hal ini Kodim 1605/Belu ini dilaksanakan atas kerjasama Pemda Belu untuk mendukung pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Belu.

Hal ini ditegaskan Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM usai upacara pembukaan TMMD ke 100 Tahun 2017, Kodim 1605/Belu di Lapangan Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Rabu (27/09/2017).

"Program TMMD ini memang sudah rutin tiap tahun kita lakukan, ini sudah ketiga kali, tujuan dari ini adalah kami bersama-sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), membantu Pemda untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Belu," kata Danrem.

ⁿ Selain membantu pemerintah, jelas Danrem melalui kegiatan TMMD ini sesuai dengan tugas pokok TNI juga untuk manunggal dengan rakyat. Sehingga seperti slogan yang disampaikan Panglima TNI "bersama rakyat TNI kuat", tanpa rakyat TNI tidak ada apa-apanya. Salah satu metode yang dikerjakan adalah melalui program TMMD.

"Tentunya disini juga tujuan kami adalah biar TNI selalu manunggal dengan rakyat, karena pekerjaan yang akan kita lakukan akan bersama dengan masyarakat, antara TNI berbaur menjadi satu bekerja membangun untuk kepentingan warga masyarakat," ungkap Danrem.

Terkait lokasi TMMD yang dilaksanakan di Kabupaten Belu, tambah Danrem memang untuk sasaran-sasaran lokasi pelaksanaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dioeroleh melalui hasil koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Untuk lokasi, sistem button up. Dari komando atas meminta kepada kami untuk mencari sasaran, kemudian kami juga drop kebawah dari Kodam, Korem Kodim untuk mencari sasaran yang diperlukan warga dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah sesuai dengan program pemda yang ada sehingga dari situlah kami menentukan dan melaksanakan kegiatan TMMD di sini," pintanya.

Sementara itu, Bupati Belu, Willybrodus Lay mengemukakan, pemerintah dan masyarakat Belu berterimakasih kepada TNI yang membantu meringankan beban pemerintah dalam membuka dan membangun daerah-daerah terosilir sperti lokasi ini sangat tepat untuk di bangun karena daerah ini masih belum terjangkau secara baik.

"Terimaksih kepada TNI yang telah mau datang bersama masyarakat membangun, jadi tugas TNI bukan pertahanan keamanan saja retapi juga mengambil bagian dalam pembangunan, dan TMMD ini bukti peran serta TNI yang sangat luar biasa dalam membangun," pungkas Lay.

Peran pemerintah disini tambah Bupati melibatkan masyarakat, pemerintah Desa, Kecamatan dan penganggaran pemerintah titipkan sedikit untuk membantu operasional.

"Seharusnya anggaran ini mungkin kalau kita tenderkan lebih besar, tetapi dikerjakan oleh TNI, dengan biaya yang minim tapi kita bisa dapatkan hasil yang maksimal," katanya.

[mp]
Lebih baru Lebih lama