Peduli Rakyat Belu Saat Pandemi Covid-19 Merebak, Bupati Lay Nekat Surati Presiden Jokowi

Atambua, GerbangNTT. Com
- Bupati Belu, Willybrodus Lay sebelum cuti kampanye dan sebelum ditetapkan sebagai calon Bupati untuk maju dan bertarung di Pilkada Belu 2020 nekat menyurati Presiden RI, Joko Widodo.


Surat yang ditujukan kepada Presiden Jokowi tertanggal 28/07/2020 dengan nomor: DPMD.140/250/VII/2020 tersebut perihal permohonan pemasangan jaringan listrik dan telekomunikasi Pedesaan.

Bupati Lay nekat menyurati Presiden Jokowi sebagai bentuk kepedulian terhadap rakyat Belu saat wabah Covid-19 merebak.

Pasalnya, akibat Covid-19 yang disertai dengan pemberlakuan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan belajar dari rumah dengan sistem Online akan menyulitkan anak-anak (pelajar) di Belu karena terdapat sejumlah Dusun yang belum mengakses jaringan listrik dan telekomunikasi.

Alhasil, dalam surat permohonan Bupati Belu yang mengemukakan bahwa masih terdapat 59 dusun di Kabupaten Belu belum mengakses jaringan listrik dan telekomunikasi itu dapat direspon.

Dalam surat tersebut, Bupati Lay sebelumnya menyampaikan terimakasih atas perhatian Jokowi selama ini.

Bupati Lay yang adalah politisi Demokrat dan pengusaha sukses ini juga menggambarkan bagaimana keberadaan Belu sebagai daerah perbatasan serta kebutuhan akan listrik bagi dusun-dusun yang belum dijangkau.

Adapun 59 Dusun yang di usulkan Bupati Lay Kepada Presiden Jokowi diantaranya;

1. Kecamatan Lamaknen
Desa Fulur, Dusun: Holpara dan Balogolo. Desa Maudemu, Dusun: Kaen, Balesi, Oloboe, Fatubesi dan Beisurik.

2. Kecamatan Tasifeto Timur
Desa Dafala, Dusun: Buburlaran, Fatuanin. Desa Sarabau, Dusun Manekiik/Maukdomuk. Desa Bauho, Dusun Oeleu.  

3. Kecamatan Lasiolat
Desa Baudaok, Dusun Kabanasa.

4. Kecamatan Tasifeto Barat
Desa Bakustulama, Dusun Wesanteas dan Tulama RT 03. Desa Naitimu, Dusun Halilulik A RT.01 dan 02, Nanaerai, Halibaurenes RT.01 dan 02, Webubur RT 02, Halilulik B RT.01 dan Nusikun RT 02.

5. Kecamatan Kakuluk Mesak
Desa Kabuna, Dusun Salala dan Bautasik RT 06. Desa Fatuketi, Dusun Rotiklot (Kampung bawah) dan Fatubesi. Desa Jenilu, Dusun Fatukaduak, Fatuala dan Railuli.

6. Kecamatan Raimanuk
Desa Teun, Dusun Oereu, Oetnana dan Ra'a. Desa Tasain, Dusun Naba, Troimusu, Haumenin, Funeno, Halemauk. Desa Faturika, Dusun Koluoulun, Sanina, Baumuti. Desa Mandeu, Dusun Amean. Desa Leontolu, Dusun Kuanitas RT 01, Kelis dan Kota Sukaer. Desa Renrua, Dusun Lalerikiik dan Tarutu. Desa Rafae, Wenanan, Aituan, Obor, Kelis, Wanikian. Desa Mandeu Raimanus, Dusun Tanun, Fatubesi, Bekotaruik dan Fatuaruin.

7. Kecamatan Lamaknen Selatan Desa Debululik dusun Hanowai Akaloan. Desa Henes dusun Holguju. Desa Ekin dusun Koin. Desa Sisifatuberal dusun Pomuku dan Aimuti.

8. Kecamatan Nanaet Duabesi
Desa Dubesi dusun Haliwen B RT 02.

Untuk diketahui, terdahap dampak Covid-19, Pemda Belu melalui kebijakan Bupati Lay menggelontorkan anggaran puluhan milyar yang diberikan kepada masyarakat Belu melalui bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) serta kebijakan penanggulangan lainnya.

[No/G-Ntt]

Lebih baru Lebih lama