Lidik Maek Bako, PPK dan Kontraktor Dipanggil Polisi

PPK, Petrus Bone (depan) dan Salah Satu Kontraktor Pelaksanaan, Cv. De Chalvin (belakang) Saat Memasuki Ruang Tipikor Polres Belu (Foto: MP)
Atambua, GerbangNTT. Com - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Petrus Bone dan salah satu kontraktor pelaksana yakni Cv. De Chalvin dalam pengadaan bibit Maek Bako (Porang) di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Belu tahun 2017 dan 2018 dipanggil penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Belu.

Keduanya dipanggil untuk dimintai keterangan (klarifikasi) terkait kasus dugaan korupsi pengadaan bibit Maek Bako miliaran rupiah tersebut.

Pantauan media ini, keduanya dipanggil dan mendatangi kantor Tipikor Polres Belu sekira pukul 09.00 Wita pagi.

Nampak PPK, Petrus Bone datang mengenakan seragam (dinas-keki), sementara salah satu kontraktor pelaksana Cv. De Chalvin mengenakan baju warna biru dan celana krem.

Keduanya dimintai keterangan (klarifikasi) sejak pagi hingga sore hari.

Kasat Reskrim Polres Belu, AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar kepada wartawan menegaskan pihaknya memanggil PPK dan salah satu pelaksana tersebut untuk meminta keterangan dan klarifikasi terkait dugaan korupsi dana pengadaan Maek Bako tersebut.

"Kita ambil keterangan dulu, dokumen-dokumen kita masih minta kepada yang terkait, baik PPK sendiri maupun dari pelaksananya (Kontraktor Cv. De Chalvin)," kata Kasat Siregar ketika ditemui di ruang Satreskrim Polres Belu, Senin (24/02/2020) sore.

Selanjutnya jelas Kasat Siregar, pihaknya akan menganalisa dan mengecek bukti fisik di lapangan terkait program yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut.

"Sementara kita masih analisa, dokumen apa yang kita perlukan, sampai kita cek ke lapangan karena ini tersebar di beberapa kelompok masyarakat," 

Jika dalam proses ini (penyelidikan) tambah Kasat Siregar ditemukan ada pelanggarannya, pihaknya akan memproses tuntas kasus ini.

"Kalau nanti ada pelanggarannya, pasti kita proses tuntas," pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga berita ini diturunkan, PPK dan salah satu kontraktor pelaksana masih di ruang tipikor polres Belu untuk dimintai keterangan (klarifikasi).

[No/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama