Bupati dan Kapolres Belu Teken Dana Pengamanan Pilkada 2020 Senilai Rp 4,2 M


Atambua, GerbangNTT. Com – Bupati Belu Willybrodus Lay dan Kapolres Belu AKBP Cliffry S. Lapian menandatangani (teken) Naskah Perjanjian Hibah Daerah(NPHD) untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Belu tahun 2020.
Penandatanganan NPHD sebesar Rp 4,2 M itu berlangsung berlangsung di ruang kerja Bupati Belu dan disaksikan Plh Sekda Belu, Marsel Mau Meta, Senin (17/02/2020).
Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian mengatakan pihaknya menyusun estimasi anggaran pengamanan Pilkada sesuai tahapan pilkada yang jadwalkan dari KPU.
Terkait situasi jelang pilkada, lanjut Cliffry, sejauh ini situasi di Kabupaten Belu cukup kondusif, meski ada beberapa kasus yang sifatnya konvensional masih terjadi. Polres Belu dengan kekuatan yang ada masih mampu mengendalikan sehingga situasi tetap kondusif.
"Situasi jelang pilkada sejauh ini sangat kondusif, walaupun ada beberapa kejadian yang sifatnya konvensional namun demikian situasi keseluruhan masih aman terkendali," ungkap Cliffry.
Kapolres mengharapkan semua pihak tetap bersinergi dan kerja sama agar bisa mengantisipasi potensi kerawanan pada setiap tahapan pilkada.
Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Sekda Belu, Marsel Mau Meta mengatakan,  Pemkab Belu menyetujui usulan dana pengamanan Pilkada Belu dari Polres Belu senilai Rp 4,2 M sehingga dilakukan penandatanganan NPHD.
"Kami menyetujui nilai dana pengamanan Pilkada sebesar Rp 4, 2 miliar setelah ada pengurangan beberapa item anggaran yang diajukan oleh Polres Belu, dan setelah melalui pembahasan bersama maka kami menyepakati nilai anggaran tersebut," ungkap M3 begitu akrab dikenal.
Menurut M3, dukungan dana pengamanan pilkada bagi Polres Belu sangat penting agar Polres Belu dapat melakukan pengamanan pilkada sesuai protap dan menjamin situasi Pilkada Belu berlangsung aman dan kondusif.
"Kami melihat pentingnya tugas pengamanan selama proses tahapan pilkada dan anggaran yang kami kucurkan bagi Polres Belu agar menunjang tugas dalam mengamankan situasi pilkada tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.
[No/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama