Kades Rafae Tak Dilantik, Warga Mengadu ke DPRD Belu

Ketua Komisi I DPRD Belu, Benedictus Manek Saat Menerima Pengaduan Warga Rafae
Atambua, GerbangNTT. Com - Utusan Warga Desa Rafae, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu mendatangi kantor DPRD Belu, Senin (20/01/2020).

Pantauan media ini, utusan warga yang datang diantaranya Blasius, Pankrasius Luan, Aloysius Louk dan Yuliana F. Luan. Mereka datang untuk mengadukan nasib Kades terpilih, Hironimus Parera yang hingga saat ini belum dilantik.

Mereka langsung diterima Ketua Komisi I DPRD Belu, Benedictus Manek di lobi kantor DPRD Belu.

Yuliana F. Luan kepada Ketua Komisi I menyampaikan maksud kedatangan pihaknya untuk mengadukan hasil Pilkades dan Kades Rafae terpilih beberapa waktu lalu.

Menurut Yuliana, Kades terpilih Hironimus Parera yang sudah meraih suara terbanyak 276 dari empat calon Kades lainnya hingga hari ini belum dilantik.

Padahal, Kades terpilih di Desa lain se Kabupaten Belu hasil Pilkades serentak sudah dilantik pasca pleno penetapan.

Pihaknya juga jelas Yuliana sudah mengadu ke Pemerintah Daerah (Pemda) Belu melalui Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan.

Saat ini, Desa Rafae dipimpin Simon Petrus Un sebagai penjabat yang dilantik Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan sejak dua pekan lalu.

"Senin lalu kami ke Pemda, kami minta penjelasan kenapa Kades Rafae terpilih tidak lantik?, padahal Kades terpilih yang lain sudah dilantik. Kades Rafae sekarang hanya penjabat," ungkap Yuliana.

Menanggapi aduan warga Rafae itu, Ketua Komisi I DPRD Belu, Benedictus Manek mengatakan akan meminta penjelasan dari Pemda Belu.

Penjelasan pemerintah dan pihak terkait lainnya jelas Benny Manek akan dijadwalkan pada Rabu (22/01/2020) nanti.

Menurut Benny, penjelasan pemerintah itu dikakukan agar semua menjadi terang benderang dan warga tidak lagi mempertanyakan proses dan hasil Pilkades Rafae.

"Terima kasih untuk pengaduan Bapak Mama semua, hari Rabu kita akan bertemu lagi. Kami akan undang pemerintah dan pihak terkait lainnya sehingga bisa memberi klarifikasi dan penjelasan kenapa Kades Rafae terpilih tidak dilantik," imbuhnya.

[G-Ntt/Tim]
Lebih baru Lebih lama