Pemkab Belu Perlebar Jalan Menuju Bandara A. A Bere Tallo

ATAMBUA, GerbangNTT. Com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Belu merencanakan akan memperlebar jalan Adi Sucipto menuju Bandara A. A Bere Tallo Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat.

Pelebaran jalan tersebut yakni mulai dari simpang empat Central hingga TMP Seroja.

Jalan Adi Sucipto yang merupakan poros utama perkotaan serta menjadi persimpangan koneksi dengan jalan strategis Negara itu dilakukan untuk pengembangan pelayanan dan kenyamanan transportasi masyarakat di daerah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste itu.

Camat Kota Atambua, Servasius Boko yang dikonfirmasi gerbangntt.com membenarkan rencana pelebaran tersebut.

Menurutnya, pemerintah telah melakukan sosialisasi bersama masyarakat di sekitaran jalan Adi Sucipto dan masyarakat setuju dengan rencana pelebaran jalan tersebut.

"Memang belum ada finalisasi, tapi intinya dalam sosialisasi bersama masyarakat ini, warga setuju, warga minta ganti rugi, dan di lakukan sertifikasi ulang terhadap lahan masyarakat yang terkena dampak pelebaran jalan," ungkap Camat Servas begitu akrab disapa melalui sambungan telepon selulernya, Selasa (04/06/2019).

Dijelaskan Servas, terhadap permintaan warga tersebut, pemerintah dalam waktu dekat akan kembali melakukan sosialisasi bersama warga membahas mekanisme ganti rugi lahan jika pemerintah setuju untuk dilakukan.

"Tapi itu nanti akan dilakukan lagi rapat sosialisasi kedua terkait jika harus ganti rugi, ganti ruginya berapa," terang Servas.

Pelebaran jalan tersebut tambah Camat Servas akan dilakukan dalam waktu dekat.

Dananya dari kementerian PUPR kalau tidak salah itu 40M diberikan waktu kunjungan Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot lalu.

"Mudah-mudahan sudah ada kesepakatan antara pemerintah dan masyarakat supaya bisa dibangun dalam waktu dekat. Kalau tidak dananya bisa dialihkan ke daerah lain," sebut Servas.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Belu, Vincent K. Laka mengatakan pemerintah masih membentuk tim lintas sektor terkait rencana pelebaran tersebut.

"Masih bentuk tim lintas sektor terkait pembebasan lahan. Saya tidak tahu pasti, yang jelas akan kita bentuk segera setelah masuk liburan nanti," katanya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama