Pemkab Belu Bangun Patung Senilai 16 Milyar

Patung Bunda Maria Assumpta di Gua Maria Kerep-Ambarawa-Semarang-Jawa Tengah
ATAMBUA, GerbangNTT. Com - Pemerintah Kabupaten Belu akan membangun patung raksasa di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste.
 
Anggaran yang bersumber dari APBD itu sudah diketok DPRD Belu guna pembangunan patung dimaksud senilai Rp.16.000.000.000; (Enam belas miliar).
Hal ini disampaikan Bupati Belu, Willybrodus Lay kepada awak Media ketika ditemui di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Rabu (12/06/2019) sore.
Menurut Bupati Lay, proyek pembangunan patung Bunda Maria ini telah ditenderkan dan telah sampai tahap penandatanganan kontrak.
Tender proyek itu diikuti 16 peserta dan dimenangkan oleh PT. Enviture Mulia Persada yang beralamat di Jawa Tengah dengan nilai penawaran Rp 15.880.000.000.
“Kita sudah tender dan PT. Enviture yang dulu mengerjakan Patung Maria Ambarawa di Semarang, Jawa Tengah yang akan mengerjakan,” ungkap Lay.
Dijelaskan Bupati Lay begitu akrab dikenal, proses pembangunan patung itu pengerjaannya sudah mulai dilakukan.
“Sudah mulai kerja, saat ini pembersihan lahan. by proses kan,” ujarnya.
Ketika disinggung terkait polemik lahan yang sesuai informasi belum diserahkan pemilik lahan yakni suku Kaliduk kepada pemerintah untuk tujuan pembangunan dimaksud, Bupati Lay membantahnya.
Lahan kata Bupati sudah diserahkan masyarakat 6-10 hektar dan tidak ada masalah.
“Sudah selesai, tidak ada masalah. Sudah ada persetujuan makanya sudah kita teken,” terang Bupati.
Ia mengajak pekerja Media, masyarakat Belu pada umumnya untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pembangunan patung dimaksud.
“Mari kita sama kan hati, satu persepsi. Membangun itu spiritual (rohani) juga kita bangun, fisik juga kita bangun, budayanya kita bangun, ekonomi,  kita harus bangun seluruhnya, harus berimbang,” pintanya.
Informasi yang dihimpun Media ini, dana senilai Rp 16 M ini untuk membiayai dua item pekerjaan yakni, pembangunan patung dan pembangunan pelataran (landscape).
Patung Bunda Maria ini dibangun setinggi 25 meter dari bahan pasir silika dan perunggu. Berat patung 45 ton.
[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama