Baru Dikerjakan, Jalan Barada di Malaka Rusak Parah

Jalan Lapen di Barada-Kecamatan Malaka Tengah
MALAKA, GerbangNTT. Com - Proyek peningkatan jalan lapen di Desa Barada Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste baru saja dikerjakan. Namun, kondisinya rusak parah.

Kades Barada, Yosef Bria Seran begitu kesal karena kondisi jalan yang rusak.

Dikatakan, kondisi jalan kurang lebih 5 km sudah rusak, padahal belum setahun dikerjakan.

Pihaknya berkeberatan ketika Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTT hendak melakukan Profesional Hand Over (PHO).

Atas nama masyarakat, kata Kades Yosef bisa dilakukan PHO, jika jalan dalam kondisi baik. Untuk itu, kontraktor sebaiknya melakukan perbaikan karena masih dalam masa pemeliharaan.

Sesuai pantauan dan data yang diperoleh, ruas jalan kurang lebih sepanjang 9 km menghubungkan dua wilayah desa yakni Desa Barada di Kecamatan Malaka Tengah dan Desa Takarai Kecamatan Botin Leobele.

Proyek pekerjaan jalan itu merupakan program Kementerian PUPR dengan jenis pekerjaan Pengembangan Kawasan Pemukiman Perdesaan Kawasan Barada dengan alokasi anggaran yang bersumber dari APBN Tahun 2018 kurang lebih senilai Rp 10 milyar.

Pekerjaan tahap satu dilakukan PT Roda Mandiri. Namun, terdapat 20 titik yang mengalami kerusakan.

Warga dan pemerintah setempat tidak mengetahui semua rangkaian kegiatan, karena informasi terkait pekerjaan sangat tertutup.

Sedangkan pada tahap dua, ruas jalan sudah dikerjakan CV Sarana Mitra Mandiri dengan anggaran kurang lebih senilai Rp 3 milyar.

Namun progres pekerjaannya belum mencapai 50 prosen. Warga mengeluh, karena tidak bisa melintasi ruas jalan akibat endapan lumpur yang memadati badan jalan.

[g-ntt/mn]
Lebih baru Lebih lama