Wabup Ose Luan Kenang Paket SERA, Begini Kisahnya


ATAMBUA, GerbangNTT. Com – Wakil Bupati Belu, Drs. JT Ose Luan kembali mengenang Paket SERA pada Pilkada lalu.
Paket SERA adalah tagline JT Ose Luan dan Valentinus Parera yang merupakan salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati saat maju bertarung pada Pilkada Belu Tahun 2008.
Kenang Wabup Ose Luan tentang Paket SERA itu berkenaan dengan cikal bakal berdirinya Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Belu Tv sebagai Tv milik Pemerintah Kabupaten Belu.
Hal ini disampaikan Wabup Ose Luan dalam sambutannya pada pelatihan jusnalistik televisi dan sosialisasi kode etik jurnalis dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan ke-13 tahun 2019 di aula Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Selasa (28/05/2019).
Mantan Sekda Belu itu juga mengenang cikal bakal berdirinya Belu Tv yang hampir menjerumuskan dirinya ke penjara. Padahal, saat itu Ia bersama Valens Parera yang dikenal dengan Paket SERA tengah berkampanye untuk Pilkada saat itu.
“Sempat saya dipanggil dan diperiksa (memberika keterangan) ke penyidik Polres Belu. Apalagi waktu itu masa kampanye, di saat saya mau kampanye SERA, hari itu Polisi panggil, di saat saya mau kampanye SERA, hari itu pasti Polisi panggil,” ungkap Ose Luan mengenang masa itu.
Ose Luan menuturkan, saat itu Ia hampir terjerumus dalam penjara karena menandatangani SPPD dan surat tugas staf yang akan mengikuti pelatihan di Jakarta berkaitan dengan Televisi.
“Belu Tv ini melakukan kerjasama pertama dengan SCTV. Ini hampir menjadi kasus, saya waktu itu hampir menjadi tersangka. Karena menandatangani SPPD dan surat tugas staf yang mengikuti pelatihan di studio SCTV Jakarta,” ungkap Ose Luan.
Kepada penyidik, lebih lanjut Wabup Ose Luan menyampaikan keterangan yang sebenarnya bahwa dirinya menandatangani SPPD dan surat tugas itu untuk mempertahankan program Infokom (Kominfo) dan menjadi bukti perjalanan para staf.  
“Saya pada saat itu Kepala Bappeda , waktu itu infokom belum terlibat, karena kita dengan serba terbatas tentang hal hal yang berhubungan dengan Radio dan Tv, kita cuma ingin supaya masyarakat itu mengetahui sesuatu (informasi),” pintanya.
Baru kemudian tambah Wabup Ose Luan bergabung dengan infokom dan dengan adanya Perda, terbentuklah yang namanya Belu Tv. Kendati saat ini Perda tentang Belu Tv dicabut tetapi kemudian ada peluang untuk menjadi UPT.
[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama