Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Keselamatan Turangga 2019



ATAMBUA, GerbangNTT. Com – Ratusan kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat terjaring operasi keselamatan turangga 2019 yang digelar Satlantas di wilayah hukum Polres Belu.

Ratusan kendaraan itu terjaring dalam kegiatan operasi keselamatan yang dilaksanakan selama 14 hari sejak tanggal 29 April sampai 12 Mei lalu di wilayah hukum Polres Belu yang meliputi dua Kabupaten yakni Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing melalui Kasat Lantas, AKP Shabda Purusha Putra saat dihubungi Media ini, Selasa (28/05/2019) sore.

Dalam operasi itu jelas Kasat Lantas, pelanggar selain ditilang juga hanya diberikan teguran (peringatan) untuk tertib berlalu lintas.

Porsi teguran lebih tinggi dibandingkan tilang karena operasi keselamatan lebih kedepankan upaya pre-emptif dan preventif ketimbang represif.

"Dalam operasi keselamatan kemarin 42 kendaraan ditilang, 65 hanya teguran, jadi total 107 kendaraan yang terjaring," kata Kasat Shabda akrab disapa.

Kasat Shabda menuturkan jenis pelanggaran dalam operasi itu diantaranya melanggar jalur lalu lintas, tidak mengenakan helm, tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan dan juga adanya pengendara dibawah umur.

“Rata-rata didominasi anak-anak dibawah umur, seharusnya belum diperbolehkan. Kita harap ada kontrol dari orang tua di rumah, lingkungan maupun guru di sekolah sehingga anak-anak bisa terhindar dari kecelakaan," ujarnya.

Lebih lanjut tambah Shabda jika dibandingkan dengan operasi keselamatan tahun 2018 lalu, kasus pelanggaran tahun ini mengalami penurunan sebanyak 32,70 persen atau hanya 52 kasus. Termasuk Laka Lantas hanya 3 kasus.

Ketika disinggung terkait pelaksanaan operasi ketupat dalam rangka hari raya Idul Fitri 1440 H, Kasat Shabda mengatakan akan dilaksanakan besok 29 Mei sampai dengan tanggal 10 Juni.

"Tadi sudah apel gelar pasukan pengamanan Idul Fitri. Operasi gabungan bersama instansi terkait mulai besok. Ada tiga pos pam, di simpang lima, pelabuhan dan bandara. Termasuk di tempat-tempat wisata pasca Lebaran," pungkasnya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama