DPRD Belu Soroti Program Unggulan Bupati dan Kinerja OPD

ATAMBUA, GerbangNTT. Com - DPRD Belu mengidentifikasi dan menyoroti sejumlah program unggulan Bupati Belu.

Program unggulan Bupati Belu yang mendapat sorotan adalah program air bersih dan maek bako. Termasuk program lainnya.

Selain itu, DPRD Belu juga memberikan catatan penting untuk perbaikan kinerja dan evaluasi para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Belu.

Sorotan tersebut disampaikan dalam rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Bupati tahun anggaran 2018 pada Sidang Paripurna II DPRD Belu, Kamis (23/05/2019) malam.

Dalam rekomendasi DPRD Belu yang dibacakan Plt. Sekretaris Dewan (Sekwan) Elfrida M. Mau Luan, Komisi II DPRD Belu empertanyakan sejauh mana tindak lanjut dari pemerintah terhadap pasca panen program Maek Bako.

Selain itu, Komisi II juga meminta perhatian pemerintah untuk menyediakan kebutuhan air bersih karena merupakan program pemerintah lewat visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang selama ini belum terpenuhi.

Sementara itu, Komisi III DPRD Belu dalam rekomendasinya memberikan catatan kepada Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang capaian kinerja terkait tingkat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) hanya mencapai 18,61%.

Komisi melihat bahwa rendahnya capaian kinerja diakibatkan oleh ketidakmampuan Pimpinan OPD dalam memimpin organisasinya.

Komisi mengharapkan agar perlu dilakukan evaluasi dan pengkajian kembali penempatan Pimpinan OPD untuk disesuaikan dengan latar belakang pendidikan.

Komisi III juga mempertanyakan prosentasi program air bersih yang disalurkan ke masyarakat mencapai 95,91%. Namun kenyataannya masih terdapat kekurangan air di mana-mana. Masih banyak keluhan masyarakat terkait ketersediaan air bersih.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama