Wabup Belu Lunching Bansos Rastra 2019 Tahap I



Atambua,GerbangNTT.com-
Wakil Bupati Belu, J. T Ose Luan melaunching Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) tahun 2019 tahap pertama di halaman Kantor Bupati Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (18/2).

Ose menegaskan, pendistribusian beras gratis  harus tepat sasaran bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 12 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Belu.

"Rastra harus terbagi secara benar dan tepat sasaran kepada warga penerima," ujar dia.

Launching hari ini jelas Ose, bagaimana menyalurkan beras ke lokasi untuk warga yang kurang mampu dengan selamat. Diharapkan kebijakan-kebijakan yang selama ini jadi alasan orang ribut atau konflik tidak boleh ada.

"Tidak boleh ada lagi konflik di Desa karena beras ini. Ini rastra yang sebenarnya diperuntukan untuk orang tidak mampu, tapi masih diambil oleh orang yang mampu. Karena itu kebijakan Pimpinan tingkat bawah tidak boleh ada," tandas mantan Sekda itu.


Ose meminta agar aparat ditingkat Kecamatan, Lurah dan Desa melayani orang kurang mampu dengan segenap hati dan iklhas. Rastra gratis harus dibagi secara tepat dan benar bagi warga yang berhak menerima.

"Kita harapan tahap I dan seterusnya harus dirangcang dengan benar dan tepat dengan keterlibatan PKH, Kecamatan, Lurah, Desa dan Satgas sehingga terbagi tepat sasaran," pinta Ose.

Bersamaan Kepala Bulog Sub Divre Atambua, Eko Hendrawarto didampingi Kadis Sosial Belu, Ely Rambitan menuturkan,  launching Bansos Rastra tahap I hari ini untuk bulan Januari dan Februari.

Total penerima Rastra tahun 2019 sebanyak 14.180 KPM dengan total berasnya sebanyak 283.600 kilo gram. Per Kepala Keluarga menerima jatah Rastra 10 kilo gram perbulannya.

"Untuk tahap I ini setiap penerima manfaat menerima 20 kilo gram untuk dua bulan. Hari ini distribusi ke Kecamatan Kakuluk Mesak, besok Raimanuk dan selanjutnya sesuai jadwal yang telah ditentukan nanti dikoordinasi oleh pihak Kecamatan dibantu Satgas," kata Eko.

Sebelumnya launching diawali dengan penyerahan beras sejahtera secara simbolis oleh Wabup Ose kepada tiga perwakilan keluarga penerima manfaat disaksikan para pejabat dari Bulog Belu, Dinas Sosial Belu serta pihak Satgas.

Penulis; yaman


Lebih baru Lebih lama