Satgas Yonif Mekanis 741/GN Berikan Pengobatan Gratis Bagi Warga Kobalima


Betun,GerbangNTT.com-Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Menakis 741/Garuda Nusantara memberikan pengobatan massal gratis bagi warga di Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Kegiatan wujud peduliTNI terhadap warga perbatasan yang dikemas dalam baksos digelar di kompleks Sekolah Dasar Negeri (SDN) Metamauk, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kamis (17/1/2019).

Dansatgas Mayor Inf. Hendra Saputra dalam sambutan mengatakan, kegiata hari ini merupakan program kami selaku Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara salah satunya bakti sosial yang diselenggarakan di perbatasan Metamauk wilayah Kabupaten Malaka.

"Disini sekitar 500 masyarakat, kemudian hadir juga Bapak Asisten III yang mewakili Bupati Malaka, dan memang kegiatan ini terus kami lakukan membantu kesulitan masyarakat yang ada baik itu di Kabupaten Malaka sendiri, TTU maupun Kabupaten Kupang yang masuk dalam wilayah kami melaksanakan tugas," urai dia.

Kegiatan serupa ini jelas Hendra menjadi agenda yang mana akan dilakukan setiap bulan selama melaksanakan tugas operasi pengaman wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Kemudian diluar program ini kami juga ada program bedah rumah warga di wilayah penugasan Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara.

"Masih ada enam kali lagi baksos yang akan dilakukan di Kupang, TTU dan Malaka selama bertugas sejak bulan November lalu hingga Juli 2019," kata Hendra.

Dia mengaku sangat kaget saat tiba di lokasi baksos melihat antusias warga dalam baksos. Kondisi ini menjadi motivasi bagi satuannya untuk melakukan kegiatan serupa lebih besar sekaligus dengan pasar murah dan pembagian sembako.

Kesempatan itu Asisten III Setda Malaka Yosep Parera mewakili warga Malaka khususnya Kobalima Timur menyampaikan limpah terima kasih kepada satuan Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara atas kepeduliannya terhadap warga perbatasan dengan memberikan pengobatan gratis.

Menurut dia, kegiatan baksos yang digelar satuan ini sangat positif membantu warga di wilayah perbatasan Kobalima yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Pemerintah sangat bersyukur dengan bantuan melalui baksos dari Bapak Dansatgas. Kegiatan pengobatan massal ini sangat luar biasa. Kami Pemerintah tidak bisa kerja sendiri tapi bersama-sama membangun Malaka dengan caranya masing-masing.

"Pemkab Malaka mengucapkan terimakasih atas idenya Satgas yang melakukan pengobatan gratis.  Ini salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Parera.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kasdim 1605/Belu, Wadansatgas Yonif M 741/GN, Pasi Intek Satgas, Dankipur, Kapolsek Kobalima, Kadis PMD Malaka, Camat Kobalima Timur, Kades Alas Selatan, Kepala Puskesmas Kobalima Timur, para Guru serta tokoh adat/masyarakat Desa Alas Selatan.

Penulis Yaman



Lebih baru Lebih lama