LPPA mitra ChilFund dan Pemkab Malaka Tanam 11.386 Anakan Pohon


Malaka,GerbangNTT.com-
LPPA mitra ChilFund Indonesia gandeng Pemerintah Kabupaten Malaka serta seluruh komponen melakukan penghijauan dalam rangka melestarikan hutan di lokasi Embung dusun Tala Ulun, Desa Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima, Sabtu pagi (14/12/2018).

Sesuai keterangan pers yang diterima, kegiatan peduli terhadap lingkungan itu dalam rangka mendukung upaya pemenuhan kebutuhan air minum yang sehat bagi masyarakat terutama bagi anak-anak selain, program pipanisasi sepanjang 1,902 km yang sudah dibangun.

Lewat kegiatan penghijauan di daerah mata air dan daerah tangkapan air diharapkan ke depan ketersediaan air semakin meningkat. Program penghijauan tersebut  dimaksudkan guna membangun dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus menanam dan melestarikan hutan demi masa depan anak-anak generasi muda bangsa Indonesia.

Eastern Zonal Manager ChildFund Indonesia, Candra Dethan mengatakan bahwa kegiatan ini bukan saja menanam pohon tetapi kita menanam air. Sebab air adalah hak dan kebutuhan dasar masyarakat terutama anak-anak.

Menurut dia, kita boleh saja tidak makan sehari tetapi kita tidak bisa tidak minum air dalam sehari. Semua aktivitas rumah tangga yang kita lakukan hampir sebagian besar selalu membutuhkan air, pada kesempatan yang bersamaan anak-anak dan perempuan sebagian besar waktunya tersita hanya untuk mengakses air.

"Maka penting bagi kita bersama untuk selalu menanam, menanam dan menanam. Dengan menanam kita memanen mata air. Dengan demikian kita bisa menjawab kebutuhan dasar terutama bagi anak-anak dan perempuan," ungkap dia.

Jelas Chandra, dengan menanam juga dapat memperindah lingkungan sekitar. Hal ini sejalan dengan niat baik dan cita – cita Pemerintah Desa Lakekun Utara  untuk menjadikan tempat ini tidak hanya sebagai daerah tangkapan air tetapi lebih daripada itu ke depan dapat dijadikan sebagai daerah wisata baru.

"Hari ini kita datang kesini untuk menanam mata air dan memulai cita-cita bersama di masa depan demi anak-anak kita," kata dia.

Ditutukan bahwa, ada sebanyak 11.386 anakan pohon
yang disediakan ChildFund Indonesia bersama LPPA
untuk ditanam. Diantaranya 2.000 pohon adalah tanaman hias berupa tanjung, pinang hias, ever green dan trambesi yang telah didistribusikan lebih dulu ke-45 sekolah yakni PAUD, Sekolah Dasar dan satu SMA yang tersebar di Kabupaten Belu dan Malaka.

"Ini kegiatan penghijauan menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya untuk mendukung program Malaka rindang dan sekolah rindang," akhir dia.


Kesempatan itu Camat Kobalima, Frans Teti Nahak menayampaikan terimakasih kepada LPPA mitra ChildFund Indonesia dan Pemerintah Desa Lakekun Utara yang telah membangun komunikasi dan koordinasi untuk pelaksanaan kegiatan mulia ini.

Lebih lanjut Camat Teti dalam bahasa daerah dikatakan, kuda ai kuda we, taman ai taman we (tanam pohon tanam air) dengan menanam kita bisa membuat daerah tangkapan air.

Konteks kebutuhan pasokan air bersih bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Malaka telah menyediakan tangki air untuk memenuhi kebutuhan akses air bagi masyarakat  di setiap Kecamatan termasuk masyarakat yang ada di 8 Desa dalam Kecamatan Kobalima, sudah mendapatkan akses pelayanan air bersih melalui kegiatan distribusi mobil tangki Kecamatan.

Lanjut Teti, jadwal pelayanan air telah dilakukan setiap hari bahkan pelayanan di hari minggu juga kami penuhi. Kebutuhan akan air bersih masyarakat ini sangat tinggi sehingga sebagai Pemerintah dan masyarakat kami sangat mendukung niat baik dari maksud program ini.

Penghijauan diawali dengan penanaman anakan pohon secara simbolis yang dilakukan oleh Camat Kobalima, Eastern Zonal Manager ChildFund Indonesia, Pimpinan Proyek LPPA, Perwakilan Dinas DP3KBP2A Kabupaten Malaka, Kasie UPTD Kehutanan Kabupaten Malaka, Kapolsek Kobalima, Danramil 1605 - 05 Kobalima, Komandan Kompi D Yonif Raider 744 dan Kepala Desa Lakekun Utara.

Kegiatan penghijauan melibatkan kurang lebih 700 orang peserta yang terdiri dari staf Dinas DP3KBP2A Malaka, UPTD Kehutanan Malaka, bidang pengairan dan irigasi, staf Kecamatan Kobalima, Koramil 1605/05 Kobalima, Polsek Kobalima, prajurit Kompi D Yonif Raidersus 744/SYB , Pemerintah Desa Lakekun Utara, SMAN 1 Welaus, SDK Welaus serta masyarakat Desa Lakekun Utara. (man)
       

Lebih baru Lebih lama