Kelompok Binaan CIS Timor Dapat Pelatihan Pembibitan Anggur



Atambua,GerbangNTT.com-
Dua kelompok pemuda dampingan CIS Timor Atambua mendapat pelatihan pembibitan tanaman anggur dari Babinsa Silawan Sertu Duarte Dos Santos di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

"Pelatihan pembibitan tanaman anggur dilakukan bersama dengan Danramil 1605-07/Wedomu, Kapten Inf. Alex Bessie kemarin," ujar Duarte, Selasa (4/12/2018).

Menurut dia, kelompok pemuda dampingan CIS Timor yang mengikuti pelatihan yakni, kelompok Pemuda Community Organizer Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Duabesi  dengan jumlah peserta tiga orang dan kelompok Pemuda Community Organizer Desa Silawan berjumlah 5 orang.

"Selain pelatihan pembibitan tanaman anggur juga dilakukan pelatihan budidaya anggur bagi kedua kelompok," terang dia.


Kegiatan pelatihan dimulai dari tahap awal yakni dari proses pemotongan batang pohon tanaman anggur. Selanjutnya di stek batang sesuai ukuran dan dimasukan ke dalam poliback yang berisi tanah.

"Kita berikan pelatihan di kebun anggur. Kita mulai dari tahap awal pemotongan batang pohon anggur hingga ditanam dalam kantung plastik berisi tanah," terang Duarte.

Babinsa Koramil Wedomu itu berharap, peserta latihan dari dua kelompok pemuda bisa memahami rangkain kegiatan pelatihan yang diberikan. Selanjutnya bekal yang diperoleh bisa dicoba di Desa setempat bersama warga masyarakat.

Lanjut Duarte kegiatan pelatihan tersebut melibatkan juga Danpos Damar Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Suhbrastha bersama personel, aparat Desa Silawan, PPL Silawan serta Staf CIS Timor Atambua.(man)

Lebih baru Lebih lama