Mendagri Tinjau Galeri Tenun Bank Indonesia di Perbatasan

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tjahjo Kumolo meninjau bangunan Galeri Tenun Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT di Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-RDTL, Selasa (18/09/2018).

Galeri Tenun yang terletak di Haliwen-Lesupu, Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu dibangun oleh Bank Indonesia melalui Program Sosialisasi Bank Indonesia (PSBI).

Peninjauan gedung galeri tenun ini dihadiri Gubernur NTT, Vicktor B. Laiskodat, anggota DPR RI Herman Hery, Danrem 161/WS Kupang, Kapolda NTT, Kepala BI Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan dan para pejabat lainnya.

Kepala BI Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga kepada gerbangntt.com mengatakan pembangunan Galeri Tenun Ikat ini merupakan sinergi antara Bank  Indonesia, Pemerintah Provinsi NTT (Selaku Pemilik lahan),  Pemerintah Kabupaten Belu & Dekranasda Kabupaten Belu  (Selaku Pengelola).

Dijelaskan Kepala BI, pembangunan Galeri Tenun dimaksudkan untuk mendukung Program Nawa Cita  Pemerintah yang berkomitmen membangun karakter  dan potensi pariwisata melalui pengembangan  pariwisata dan ekonomi kreatif.
Selain itu juga ini merupakan upaya pengembangan pariwisata yang sejalan dengan upaya  Gubernur NTT untuk mengembangkan pariwisata  sebagai sektor penggerak perekonomian, sesuai jargon  “NTT (New Tourism Territory)” .

"Berangkat dari kepedulian untuk melestarikan budaya  NTT melalui kerajinan tenun ikat, Bank Indonesia  terpanggil untuk ikut serta dalam upaya mengangkat  budaya NTT," ujar Tigor akrab disapa.

Menurutnya, pembangunan Galeri Seni merupakan salah satu cara  menumbuhkan ekonomi kreatif dan Promosi budaya  kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang  berkunjung ke Kabupaten Belu  Kedepan .

Bank Indonesia tambah Tigor mendorong agar pemasaran tenun ikat  berbasis ICT (Information and Communication Technology) agar  lebih mudah menembus pasar ekspor.

Pantauan media ini, rombongan Mendagri tiba di lokasi kegiatan sekira pukul 10.00 Wita.

Rombongan disambut meriah dari drumband berbusa kain tenun dan penari likurai Asian Games.

Dalam tinjauan tersebut, para penenun dari Komunitas Tenun Ikat Timor yang merupakan Klaster binaan BI menampilkan peralatan tenun dan proses penenun serta perwarnaan baik pewarna alam dan sintetik.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama