GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Merasa penasaran dengan keberadaan patok batas negara antara Indonesia dan Timor Leste di perbatasan RI-RDTL khususnya di Kabupaten Belu, Timor Barat, mahasiswa Undana Kupang yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah setempat meminta untuk ikut bersama TNI yakni Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 743/Psy dalam Patroli sebagaimana merupakan salah satu tugas pokok yang dilakukan dalam pengamanan wilayah perbatasan.

Patroli Mahasiswa KKN tersebut dilakukan bersama anggota Satgas Pamtas Yonif 743/Psy pos Salore, Senin (16/04/2018) pagi dan dipimpin langsung Danpos Lettu Inf Harsono.

Danpos Lettu Inf Harsono keapada gerbangntt.com mengatakan, kegiatan patroli tersebut dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme mahasiswa dan memberikan gambaran tentang tugas pokok Anggota TNI-AD di perbatasan.

Dijelaskan Lettu Harsono, sebelum melaksanakan Patroli bersama Mahasiswa KKN Undana, selaku Danpos, Ia memberikan arahan kepada semua personil yang ikut dalam kegiatan patroli.
"Kegiatan patroli ini untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaiman tugas TNI dalam mengamankan wilayah NKRI di perbatasan," ujarnya.

Kegiatan Patroli tambah Danpos berjalan lancar, aman dan selamat sampai kembali ke Pos.

Salah satu Mahasiswa KKN, Fidya 
usai melaksanakan Patroli mengaku kagum dan sangat bangga dengan tugas TNI dalam menjalankan tugas sebagai Satgas Pamtas.

"Apresiasi yang luar biasa karena tugas yang di jalankan prajurit Perbatasan tidaklah mudah," ungkap Fidya.

Ia juga mengaku senang, walau capek karena medan yang di hadapi teryata tidak mudah karena saat patroli harus melintasi bukit-bukit dan sungai yang ada sepanjang garis perbatasan.

Menurutnya, para prajurit yang saat ini menjalankan tugas sebagai Satgas Pamtas yakni Yonif 743/Psy telah memberikan pengalaman yang sangat berharga mungkin sekali seumur hidup.

Dirinya berharap sebagai mahasiswa selama melaksanakan KKN, agar tidak bosan melibatkan mereka dalam setiap kegiatan dengan anggota Pos Salore sehingga dapat menambah pengalaman.

[g-ntt/mp]
Bagikan:

GerbangNTT.Com

Post A Comment: