Teko ini Diganti Karena Ditelpon Kadis P dan K Belu

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Salah satu Tenaga Kontrak (Teko) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Belu, James Jonson Amalo ternyata diberhentikan dari Teko pada Dinas tersebut karena ditelpon Kadis P dan K Kabupaten Belu, Marsianus Loe Mau.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Belu, Frans Asten saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Belu, Selasa (06/03/2018).

Kaban BKPP Kabupaten Belu, Frans Asten mengaku, dalam usulan dari Dinas P dan K, nama Jemes Amalo ikut diusulkan bersamaan dengan sembilan orang lainnya.

Namun jelas Asten, yang bersangkutan (Jems) diganti setelah pihaknya mendapat telepon dari Kadis P dan K.

"Dari 10 nama, dalam perjalanan ada satu nama yang diganti, (James Amalo) itu atas penyampaian lisan pertelpon dari Pak Kadis," ungkap Kaban Asten.

Saat diminta untuk diganti oleh Kadis P dan K, kata Kaban Asten pihaknya meminta untuk dibuatkan surat tertulis namun sampai dengan saat ini tidak ada surat resmi terkait pergantian terhadap Jems.

"Kita minta disampaikan secara tertulis, minta nama pengganti dan tingkat pendidikan katanya paket C.
Sampai saat ini belum direspon tertulis," katanya.

Kepala Dinas P dan K Kabupaten Belu, Marsianus Loe Mau mengakui menelpon pihak BKPP untuk menggantikan Jems dari Teko di Dinas yang dipimpinnya.

"Saya yang menyampaikan ke kabid pembinaan Pak David untuk ganti," akui Kadis Marsianus.

Alasannya jelas Marsianus, yang bersangkutan (Jems) adalah sopir Sekretaris Dinas dan ridak beretika saat bekerja.

"Alasanya Jems ini disiplin iya, tapi kadang dia maki pegawai di dalam kantor. Mobil dinas ada anggaran, tapi selalu dikeluhkan sekretaris naik ojek karena mobil kehabisan bensin. Baru-baru musrenbang mobil rusak padahal ada anggaran," jelas Marianus.

Karena alasan-alasan itu tambah Marsianus, Ia bersikeras agar Jems diganti.

Untuk diketahui, RDP dipimpin Ketua Komisi I DPRD Belu, Marthen Nai Buti didampingi Wakil Ketua II DPRD Belu, Jeremias Junior Manek dan dihadiri sejumlah Anggota lintas Komisi DPRD Belu selain membahas persoalan pemberhentian Teko di Dinas P dan K, juga masalah pemberhentian Teko di Dinas Kesehatan Kabupaten Belu.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama