Polres Belu Gelar Apel dan Rakor Operasi Semana Santa Turangga 2018

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Polres Belu menggelar apel pasukan dan rapat koordinasi (Rakor) operasi semana santa turangga 2018 dalam rangka pengamanan perayaan paskah tahun 2018 di wilayah hukum Belu dan Malaka, Timor Barat, perbatasan RI-RDTL, Rabu (21/03/2018).

Apel pasukan dan rakor tersebut dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing yang berlangsung di lapangan Mapolres Belu.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Belu, Dandim 1605/Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY, Danki Brimob Atambua, Kepala Beacukai, Pejabat mewakili Imigrasi, Tokoh Agama, para Perwira dan seluruh Kapolsek Polres Belu.

Kapolres Tobing dalam amanatnya mengatakan, apel ini merupakan salah satu tahapan penting untuk mengecek kesiapan akhir pelaksanaan operasi baik aspek personel, sarana prasarana dan perlengkapan lainnya.

Pengamanan jelas Kapolres dilakukan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif agar perayaan Paskah dapat berjalan lancar, aman dan damai.

"Operasi semana santa dilakukan untuk pengamanan perayaan paskah yang dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 1 April mendatang di wilayah hukum Polres Belu," kata Kapolres Tobing.
Menurut Kapolres, sasaran dalam operasi ini bukan saja tempat atau rumah ibadah, tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas sebelum dan sesudah Paskah di Kabupaten Belu.

"Kita mengedepankan upaya-upaya preentif dan preventif didukung deteksi dini yang akan kita lakukan tidak saja menjaga dan mengamankan tempat-tempat ibadah, tetapi juga spot-spot pariwisata sebagai tempat berkumpulnya masyarakat di Kabupaten Belu dan Malaka," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres Tobing mengemukakan, dalam operasi semana santa untuk mengamankan Paskah ini pihak kepolisian bersinergi dengan TNI, Pemda juga tokoh agama dan pemuda lintas agama yang ada di Belu dan Malaka.

Semua stakeholder yang terlibat harap Kapokres dapat bersinergi di lokasi pengamanan agar perayaan Pasakaj dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Kuta berharap pelaksanaan operasi dapat berjalan efektif dengan tetap mengacu pada target yang telah ditetapkan yakni, terwujudnya rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah bagi umat yang merayakannya," pintanya.

Sementara itu, Romo Yoris S. Giri, Pr kepada wartawan mengapresiasi langkah pihak kepolisian termasuk TNI di Kabupaten Belu untuk mengamankan perayaan hari raya Paskah.

Dikatakan Rm Yoris, langkah ini sebagai wujud pihak keamanan menanggapi kebutuhan masyarakat dalam hal ini kebutuhan umat menjalani hari raya.

"Apresiasi untuk Polri dan TNI yang siap mengamankan perayaan Paskah. Mari kita dukung semoga semuanya berjalan dengan baik, umat juga menghargai kerja Polri dan TNI yang menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan," harap Rm.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama