Satgas Pamtas Sektor Timur Tanam 500 Anakan Pohon di Panti Rehabilitasi Sesekoe

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Satuan Tugas (Satgas) Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psy Sektor Timur melakukan penanaman pohon mahoni di lahan susteran pusat rehabilitasi Onoboi, Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat, Rabu (21/02/2018).

Anakan pohon jenis mahoni itu ditanam 50 orang anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psy sebagai bentuk kepedulian lingkungan di wilayah setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psu Sektor Timor, Mayor (Inf) Putu Tangkas Wiratawan, penanggungjawab Susteran, Suster Ludovika Sidaoruk. FCJM, Wakil Ketua DPRD Belu, Beni Hale, Camat Atambua Barat, tokoh agama, Romo Alfons Leki, Pr, donatur Niko Taykmuns dan tokoh masyarakat di Sesekoe.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psu Sektor Timor, Mayor (Inf) Putu Tangkas Wiratawan di sela kegiatan kepada wartawan mengatakan, kegiatan tanam pohon merupakan salah satu kegiatan dari TNI yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi  lungkungan yang ditanami  pohon.

"Kegiatan penanaman pohon ini sebagai bentuk Kepedulian aparat TNI terhadap lingkungan sekitar," kata Mayor Wiratawan.

Dikatakan Dansatgas Wiratawan, personil TNI siap membantu masyarakat dalam gerakan penghijauan yang menjadi program pemerintah Kabupaten Belu.

"Karenanya anakan yang ada akan di tanam secara bertahap di lahan milik masyarakat yang ada, termasuk si sepanjang Pos," sambung Dansatgas.

Anakan yang di tanam tambah Dansatgas berupa Mahoni, Jati dan Asam sesuai dengan potensi lahan yang di miliki masyarakat dengan memanfaatkan cuaca hujan saat ini.

Penanggungjawab Susteran, Suster Ludovika Sidaoruk. FCJM mengatakan gerakan penghijauan ini merupakan sinergitas antara personil Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/Psy dengan kongkregasi Susteran FCJM.

"Penanaman 500 anakan pohon di lahan milik pusat Rehabilitasi Hidup Baru Onoboi ini merupakan sinergitas antara aparat TNI dengan pihak Susteran sesuai dengan Tema Aksi Puasa Pembangunan 2018 yakni membangun solidarits sosial demi keutuhan ciptaan menjalin relasi bukan hanya dengan manusia, tetapi juga dengan alam ciptaan," katanya.

Karenanya tambah Suster, aksi penanaman anakan pohon bersama di lakukan sebagai aksi nyata dengan harapan dapat bermanfaat bagi anak-anak panti dan masyarakat sekitar.

"Dengan aksi menanam pohon ini telah menanam harapan bagi anak-anak di pusat rehabilitasi hidup baru," pintanya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama