Jelang Pilgub NTT: Polres Belu Gelar Latpraops Mantap Praja.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Juni 2018 nanti di Kabupaten Belu dan Malaka, Kepolisian Resort (Polres) Belu menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Turangga 2018.

Kegiatan Latpraops digelar di Aula Bhayangkari Polres Belu dan akan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (05-06/02/2018).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu Ketua KPU Belu, Ketua KPU Malaka, Panwaslu Belu, Panwaslu Malaka dengan memaparkan materi terkait tahapan dan pengawasan Pemilu serta para Kasat jajaran Polres Belu dengan materi terkait potensi konflik dan upaya pengamanan Pilgub NTT nanti.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengemukakan, kegiatan ini dilakukan guna menyamakan persepsi dan membangun sinergitas untuk menghadapi Pilgub NTT nanti.

Dikatakan, kesepahaman dan sinergitas perlu dibangun untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik saat jalannya Pilgub nanti.

Pada prinsipnya Kapolres Tobing menuturkan sinergitas baik dari KPU, Panwaslu maupun personil Polres Belu ini sebagai langkah-langkah untuk mempersiapkan Pilgub NTT nanti di Kabupaten Belu-Malaka dapat berjalan aman dan damai.

"Yang nantinya diharapkan kita dapat melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin, kemudian menciptakan suasana damai dan aman serta tentunya dalam pelaksanaannya mengedepankan netralitas," tutur Tobing akrab disapa.

Melalui kegiatan Latpraops ini tambah Tobing agar anggota Polri khususnya jajaran Polres Belu dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) saat bertugas di lapangan dalam mengamankan proses pelaksaan Pilgub NTT.

"Sasaran yang nantinya perlu diamankan adalah kegiatan, barang, orang dan dalam kegiatan pemilukada. Ini anggota perlu mengetahui tugas-tugas sesuai tupoksinya sehingga pada hari pelaksanaan tidak salah dalam mengambil tindakan," pungkasnya.

Ketua KPU Kabupaten Belu, A. Martin Bara Lay usai kegiatan kepada wartawan menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Belu karena telah mengundang KPU maupun Panwaslu untuk sama-sama menyamakan persepsi guna menyukseskan Pilgub NTT di Kabupaten Belu dan Malaka.

"Terimakasih kepada Pak Kapolres karena telah mengundang kami untuk menyampaikan materi tentang tahapan-tahapan penting yang intinya terkait dengan pelaksananakan pilgub. Begitupun dari Panwaslu menyampaiakann materi tentang strategi pengawasan dan penanganan baik preventif dan juga pengawasan lain," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Belu, Kompol I Ketut Perten, Para Kabag, Kasi, Kapolsek, Kapospol, Kanit dan jajaran anggota Polres Belu.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama