Wakil Bupati Belu Launching Rastra Gratis Bantuan Pemerintah Pusat.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Wakil Bupati Belu, Drs J.T Ose Luan melauncing (melepas perdana) penyaluran beras sejahtera (Rastra) gratis murni tahun anggaran 2018 bagi masyarakat yang tersebar di 81 desa/kelurahan SeKabupaten Belu.

Launching penyaluran Rastra gratis murni bagi masyarakat ekonomi lemah di wilayah 12 kecamatan itu berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Belu, Kamis (25/01/2018) pagi.

Turut hadir dalam acara itu Sekda Belu, Petrus Bere, Kepala sub Divre Bulog Atambua Simon Melky Lakapu, para pejabat OPD terkait serta perwakilan utusan warga penerima Rastra dari tiga kecamatan yang ada di wilayah Kota Atambua.

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan mengemukakan bahwa Rastra gratis ini adalah Rastra gratis murni karena semua biaya ditanggung oleh pemerintah pusat.

"Saya namakan Rastra gratis murni. Jadi biaya tebus tidak lagi dari APBD II Belu seperti kali lalu. Ini bantuan murni pak presiden Jokowi kepada masyarakat kurang mampu yang ada di seluruh wilayah tanah air Indonesia maka kita semua perlu menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pak Jokowi atas perhatiannya," kata Wabup.

Bantuan Rastra yang disalurkan perdana ini jelas Wabup khusus kepada rumah tangga sasaran yang ada di tiga kecamatan dalam kota Atambua yaitu Atambua Kota, Atambua Selatan dan Atambua Barat.

Sementara penyaluran berikut kepada masyarakat 9 kecamatan lainnya akan diatur jadwalnya nanti.

"Ini hak semua rumah tangga yang nama terekap sebagai penerima Rastra. Yang belum terima tidak usah risau karena pasti semua akan kebagian haknya tinggal menunggu waktu terima saja," imbuh Luan.

Mantan Sekda Belu itu menuturkan, perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat ekonomi lemah di seluruh wilayah Indonesia sudah berlangsung sejak lama. Tujuannya untuk mendorong masyarakat guna mewujudkan taraf hidup yang lebih sejahtera sesuai cita-cita perjuangan pemerintah.

"Ini semua punya tujuan satu yaitu mendorong masyarakat yang kurang mampu untuk cepat hidup lebih baik sama seperti sesama masyarakat indonesia lainnya," tuturnya.

Dirinya berharap, masyarakat tidak melihat banyak atau sedikitnya jumlah bantuan karena langkah yang pemerintah ambil adalah mendorong semangat masyarakat untuk terus berusaha memperbaiki taraf hidup kesejahteraannya.

Sementara itu Kepala sub Divre Bulog Atambua Simon Melky Lakapu mengatakan bantuan Rastra tahun anggaran 2018 yang dilaunching ini berjumlah 20.550 kg dan hanya untuk bulan Januari bagi rumah tangga sasaran yang ada di wilayah kota Atambua.

"Hari ini kita salurkan ke rumah tangga penerima yang ada di kecamatan Atambua kota, Atambua Barat dan Atambua Selatan, setelah ini disusul lagi dengan penyaluran bagi penerima yang ada di kecamatan lainnya," jelas Lakapu.

Bantuan Rastra yang disalurkan tahun ini tambah Lakapu jumlahnya berkurang dari tahun-tahun sebelumnya sesuai keputusan pemerintah pusat.

"Tahun-tahun sebelumnya jumlah Raskin yang diterima setiap rumah tangga penerima sebanyak 15 kg dan perlu biaya tebus, kalau tahun ini memang jumlahnya sedikit berkurang menjadi 10 kg setiap rumah tangga sasaran tapi tidak ada biaya tebus lagi sesuai aturan pemerintah. Jadi masyarakat langsung dapat bantuan Rastranya," imbuhnya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama