Sambut Adat di Belu, Peserta TdT Asal Finlandia ini Terharu.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Peserta Tour di Timor (TdT) asal Finlandia, Mr. Alex Nicola merasa terharu ketika disambut masyarakat kota Atambua dan Pemerintah Belu secara Adat (Hase Hawaka) dan tarian Likurai saat tiba di Lapangan umum Atambua, Belu, Timor Barat, Sabtu (09/12/2017) sore.

Mr Alex juga merasa bangga karena menemukan sejumlah pengalaman yang menarik dalam perjalanan tour dari Kabupaten Malaka ke Kabupaten Belu. Terutama masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka yang cukup ramah.

Dikatakan, banyak warga yang menemuinya selama perjalanan sepanjang kurang lebih 70 km. Warga cukup ramah dalam menyambut kedatangan rombongan TdT.

Demikian pun, pengalaman yang mengesankan dan membahagikan karena ditemukan kampung-kampung tradisional dengan masyarakat yang menganut budaya, begitu antusias dan penuh tata krama saat menyambut rombongan TdT.

Selanjutnya, Ia menuturkan tour ini merupakan pertama kalinya diikuti semasa menikmati liburannya di Indonesia.
Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan cuaca begitu ekstrim tetapi tidak membatalkan niat warga Kota Atambua untuk menyambut rombongan bersepeda TdT.

Bupati Lay mengapresiasi rombongan TdT yang mampu menyelesaikan satu etape meski cuacanya tidak bersahabat.

Kegiatan TdT merupakan kegiatan pariwisata yang bagus, sehingga direncanakan untuk dilaksanakan dengan mempertimbangkan cuaca.

"Ke depan, kegiatan ini dilaksanakan sebelum musim hujan. Karena dampaknya sangat bernilai bagi masyarakat," kata Bupati Lay dalam sapaan penyambutan rombongan TdT.

Dikatakan, kegiatan tour ini cukup mengesankan, karena rute perjalanannya melewati tempat-tempat dengan pemandangan yang indah.

"Kami sangat bangga dan menerima rombongan, meski cuacanya seperti ini. Kabupaten Belu adalah kabupaten sahabat, karena masyarakatnya cukup bersahabat," kata Bupati Wili disambut tepuk tangan meriah rombongan TdT dan para undangan yang hadir.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama