Karangora: Verifikasi Parpol, Momentum Parpol Benahi Diri.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Syarat verifikasi partai politik (Parpol) yang tengah dilakukan oleh KPU terhadap Parpol untuk menjadi peserta Pemilu 2019 terbilang berat.

Namun keberadaan syarat ini dinilai dapat menstimulus partai politik untuk membenahi diri dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Belu, Jack Karangora kepada wartawan usai mengikuti Penyampaian penelitian administrasi hasil perbaikan salinan bukti keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten Belu oleh KPU Kabupaten Belu kepada 14 Parpol di Kabupaten Belu yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi hasil perbaikan di Aula Hotel Matahari, Selasa (12/12/2017).

"Verifikasi parpol adalah sebuah kondisi, tidak bisa tidak, harus siap. Proses verifikasi ini adalah sebuah catatan dan sebuah momentum kritis untuk partai politik membenahi diri secara organisatoris," tandas Karangora.
Dikatakan, verifikasi parpol baik administrasi dan faktual khususnya di Kabupaten Belu diharapkan dapat menghasilkan partai politik peserta pemilu yang benar-benar menjalankan fungsinya sebagai parpol secara baik.

"Sehingga peranan yang berhubungan dengan demokrasi di Belu, parpol sebagai salah satu instrumen harus tertata dan dapat berjalan sebagai sebuah organisasi," pungkasnya.

Menurut Karangora, fenomena partai lima tahunan lazim ditemui, masyarakat disuguhkan dengan pilihan partai politik lima tahunan yang aktif hanya ketika akan menghadapi pemilu.

"Ini mungkin kita harus berupaya untuk keluar dari stigma bahwa parpol seolah-olah hanya kendaraan yang akan digunakan lima tahunan," katanya.

Kaitan dengan proses verifikasi parpol ini tambah Karangora, bagi partai politik yang benar-benar menjalankan fungsinya maka syarat tersebut akan mudah dilalui dengan baik.

Katika disinggung apakah PAN Belu akan lolos verifikasi faktual dan siap bertarung pada pemilu 2019 mendatang, Karangora yakin lolos dan PAN akan diberi ruang berkontribusi membangun Belu.

"Bukan persoalan pertarungan partai saja, tetapi sebenarnya PAN merefleksi alam belu akan berkenan PAN untuk berkontribusi membangun belu melalui ruang politik," pintanya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama