PT Asabri Sosialisasi Program Asuransi Keanggotaan

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab PT Asabri terhadap anggota. PT Asabri menggelar sosialisasi program asuransi kepada anggota untuk diketahui dan dijalankan sesuai hak dan kewajiban anggota.

Kegiatan sosialisasi tersebut digelar di Aula Darma Andika Kodim 1605/Belu, Kamis (23/11/2017) pagi.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Kepala Kantor Cabang PT. ASABRI Kupang Petrus R. Sirait, Kasdim 1605/Belu Mayor Inf Binsar Pasaribu, Para Perwira Staf Kodim 1605/Belu, Para Danramil Jajaran Kodim 1605/Belu, Personil TNI terdiri dari Kodim 1605/Belu, Yonif RK 744 Syb, Subdenpom Atambua, Rumkitban Atambua, Sublanal Atapupu, Personil Polri Polres Belu, PNS Militer dan Polres Belu, Ibu-Ibu Persit dan Ibu-Ibu Bhayangkara Polres Belu, Perwakilan Bank BRI Atambua, Perwakilan Bank BNI Atambua, Perwakilan Bank BTPN Kupang dan Perwakilan Kantor Pos dan Giro Atambua.

Kepala Kantor Cabang PT Asabri Kupang, Petrus R. Sirait mengatakan sosialisasi program yang dilaksanakan lantaran banyak anggota yang belum paham tentang program PT Asabri.

"Melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman sehingga anggota bisa menjalankan kewajiban dan memenuhi hak-haknya," ungkap Sirait.

Menurutnya, anggota PT Asabri perlu mengetahui program asuransi, agar tidak salah menjalankannya.

"Ini sangat penting, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari," ujarnya.

Terkait pengajuan kredit atau pinjaman kepada bank-bank mitra di antaranya BTPN tambah Sirait tidak boleh menggunakan kartu anggota PT Asabri sebagai jaminan. Karena kartu anggota sesekali waktu akan berubah, ketika kartu tersebut diperbaharui.

Lebih lanjut Sirait menuturkan, PT Asabri telah dipercayakan untuk mengelola program asuransi bagi anggota yang berasal dari anggota prajurit TNI dan Polri, aparat sipil negara lingkup Kementerian Pertanahan dan Keamanan (Kemenhan).

"Tanggung jawab ini dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2015 tentang asuransi sosial Prajurit TNI dan Polri serta ASN lingkup Kemenhan," katanya.

Disebutkan, program asuransi keanggotaan itu antara lain program Tabungan Hari Tua (THT) dengan premi dari iuran peserta sebesar 3, 25 persen dikali gaji pokok ditambah tunjangan istri dan anak. Selain itu ada Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), program Jaminan Kematian (JKM) dan program pensiunan.

"Ada beberapa program seperti THT,  program JKK dengan premi dari pemerintah sebesar 0, 41 persen dikali gaji pokok, program JKM dengan premi dari pemerintah 0, 67 persen dikali gaji pokok dan yang terakhir adalah program Pensiun dengan premi dari iuran peserta 4, 75 persen dikali gaji pokok ditambah dengan tunjangan istri dan anak," papar Sirait.

Kasdim 1605/Belu, Mayor (Inf) Binsar Pasaribu  mengatakan sosialisasi program PT Asabri merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anggota. Anggota PT Asabri dapat mengetahui sejumlah program asuransi dengan pemenuhan hak dan kewajiban.

"Sehingga kalau ada hal-hal yang belum jelas, bisa ditanyakan," ujar Mayor Binsar dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Menurutnya, pemahaman akan program asuransi dengan segala hak dan kewajiban penting untuk mempermudah urusan layanan PT Asabri kepada anggota.

"Kalau anggota sudah tahu program dengan segala hak dan kewajiban, maka urusannya pasti mudah. Kita harapkan, PT Asabri tidak mempersulit, jika diajukan permohonan pinjaman atau kredi," tandas Mayor Binsar.

Sementara itu, perwakilan Bank BTPN Kupang, Steven Detak mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan 80 perusahaan termasuk PT Asabri untuk pemberian kredit kepada anggotanya.

Dikatakannya, BTPN memberikan layanan kredit kepada anggota PT Asabri berupa layanan citra pensiun dan kredit pensiun sejahtera.

"Anggota PT Asabri tidak perlu kuatir soal jaminan kredit, karena BTPN telah bekerja sama dengan beberapa lembaga jaminan di antaranya Avrist, Allianz dan Generali Indonesia," pintanya.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama