Sekda Belu Kukuhkan Pengurus Inkai Ranting Loro Tuan

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Sekretaris Daerah (Sekda) Belu, Drs. Petrus Bere, MM mengukuhkan pengurus Inkai ranting SMPN Loro Tuan, Raimanuk, Kabupaten Belu, Timor Barat, Sabtu (14/10/2017).

Pengukuhhan keperungurusan Inkai ranting Loro Tuan itu ditandai dengan penyerahan bendera Inkai oleh Wakil Ketua Inkai Cabang Belu, Shensei Pius Seran kepada pengurus sekaligus pelatih ranting, Shenpai Lukas Moruk, S.Pd.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Sekolah SMPN Loro Tuan Raimanuk, Maria Getrudis Muit, Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Belu, Jhon Kali S.Ip, Sekretaris Kwarcab Pramuka Belu, Anton Nesi, Sekretaris Inkai Belu Shenpai Vita N. N, Sekretaris MSH Belu Shenpai George Yihanis, Pengurus Perwasitan/Juri Inkai Belu, Shenpai Luis Da Costa, Shenpai Ferdi Mones Bili selaku Pelatih Ranting Silawan, Pelatih Ranting Yonif Raider 744/Syb, Shenpai Hironimus Kono, Para Pengurus Inkai Cabang Belu dan para dewan guru SMPN Loro Tuan Raimanuk.

Sekda Bere dalam sambutannya mengatakan, Karate merupakan kegiatan Eskul untuk membentuk karakter anak sebagai calon-calon pemimpin bangsa.

Menurut Sekda Bere yang juga Majelis Sabuk Hitam (MSH) Karate Kabupaten Belu dan Pembina Kwarcab Pramuka Kabupaten Belu, seseorang boleh pintar tapi kalo tidak berkarakter maka itu sia-sia. Untuk itu, karakter anak harus di didik dan dibentuk sejak dini.

"Sangat penting anak-anak dididik dan diberikan kegiatan olahraga seperti pramuka, karate dan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga anak dapat memiliki karakter," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Inkai Cabang Belu, Shensei Pius Seran juga dalam sambutannya mengemukakan, Karate merupakan olahraga bela diri yang turut membentuk karakter mental dan kepribadian Anak

Dijelaskannya, dalam Seni bela diri Karate, selain membangun karakter juga mendidik agar bagaimana belajar berorganisasi serta bagaimana membangun relasi yang baik dengan sesama.

"Kareta terikat pada 5 sumpah karate diantaranya, sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun dan sanggup menguasai diri," pintanya.

Pantauan Media ini, usai pelantikan dan pengukuhan pengurus ranting SMPN Loro Tuan dilanjutkan dengan atraksi Jurus Cannkuso dan Jion yang diperagakan oleh Kohai Dwi Sartika Sari dan Kohai Adi Krisna Rihi dari ranting SMPN 1 Atambua.

Pada kesempatan itu, ranting Loro Tuan sebagai ranting baru mendapat sumbangan Dogi (Pakaian Karate)  sebanyak 50 buah oleh Kepala Desa Silawan yang juga Shenpai Ferdi Mones Bili dan anggota  Majelis Sabuk Hitam Kabupaten Belu.

[g-ntt/rk]
Lebih baru Lebih lama