Krisis Air Bersih, Pemdes Letmafo Timur Bangun 5 Unit Sumur


Gerbang NTT. Com, KEFAMENANU - Pemerintah Desa Letmafo Timur Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara membangun 5 Unit sumur untuk mengatasi keluhan warga tentang kesulitan memperoleh air bersih.

Hal ini disampaikan kepala Desa Letmafo Timur Nikolaus Pala disela - sela kegiatan pemantauan proses pengerjaan sumur di desa letmafo timur Kamis (12/10/2017).

Dijelaskan pula bahwa sumber dana pengadaan 5 unit sumur ini adalah Dana Desa Tahun 2017.

Desa Letmafo Timur memperoleh Dana Desa untuk tahun 2017 sebesar Rp 750. 265.100 di bagi dalam dua jenis kegiatan yaitu pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 128.000.000 yang meliputi peningkatan profesi pembina PAUD desa Letmafo Timur, Pemberian Makanan Tambahan ( PMT) dan penyertaan modal BUMDes sebesar Rp 100.000.000.

Sedangakan sisanya untuk pembangunan infrastruktur berupa 5 unit sumur dan pembuatan irigasi spanjang 300m.

"Kita tahun ini fokus untuk pengadaan sumur karena memang disini sangat mendesak. Kalau musim kemarau seperti ini warga sulit untuk dapat air minum, makanya kita utamakan ini," tegas Nikolas.

Terkait keluhan warga tentang pembuatan Embung untuk air minum ternak Nikolas menambahkan bahwa itu belum direncanakan karna belum Musdus dan Musdes.

"Jika nanti Musdes dan itu diusulkan oleh masyarkat maka bisa saja kita anggarkan untuk tahun 2018," pintanya.


[g-ntt/remi]
Lebih baru Lebih lama