Kabid Pelayanan Informasi Administrasi Kependudukan, Ricky Manek/Foto Parada
 
GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belu siap 100% menghadapi Pilkada Gubernur NTT yang akan digelar pada 2018 mendatang.

Kesiapan Dukcapil Belu tersebut terkait penyiapan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai basis data pemilih.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Belu, Willybrodus Leto melalui Kabid Pelayanan Informasi Administrasi Kependudukan, Ricky Manek ketika ditemui di ruang kerjanya di Atambua, Kamis (12/10/2017) pagi.

"Pilgub kita siap 100% karena sistem membangun database kita terupdate setiap hari," ungkap Ricky.

Data kependudukan yang diupdate jelas Ricky, dilakukan melalui kegiatan pemutakhiran data dan melalui pelayanan setiap hari.

"Validitas data kita terupdate setiap hari melalui pelayanan seperti akta kelahiran baru, pelayanan penduduk pindah masuk, kematian termasuk rekap E-KTP, itu kita layani data dan dokumennya juga," ujarnya.

Saat ini dikatakan Ricky, dari total penduduk warga Belu wajib memeliki E-KTP sebagai salah satu syarat untuk menggunakan hak pilih (Pemilih) sebanyak 152.224 jiwa. Dan yang sudah memeliki E-KTP 123.649 jiwa.

"Ini data semester I per Januari-Juni 2017, untuk semester II antara Juli-Desember akan kita rilis nanti," tuturnya.

Lebih lanjut Ricky menjelaskan, sistem penyerahan DP4 ini akan dilakukan oleh Kemendagri kepada KPU Pusat, tidak lagi dilakukan oleh kepala daerah.

”Aturan sebelumnya berbeda dengan sekarang, sekarang penyerahan data dilakukan satu pintu langsung dari Kemendagri ke KPU pusat, dan kemudian KPU pusat ke KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota,” jelasnya.

Namun demikian, tambah Ricky, Dukcapil di Kabupaten akan tetap koordinasi dan komunikasi dengan KPUD untuk mengantisipasi kesalahan data untuk segera diperbaiki.

[g-ntt/mp]
Bagikan:

GerbangNTT.Com

Post A Comment: