Pilkada Belu: AT-AHS Umumkan Unggul Sementara, WL-OL Tunggu Perhitungan KPU

Atambua, GerbangNTT. Com
- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Taolin Agustinus-Aloysius Haleserens (Paket Sehati) resmi mengumumkan data kemenangannya.

Berdasarkan data perhitungan sementara dari pusat tabulasi posko pemenangan Rumah Perubahan Sehati, hasilnya Paket Sehati meraup dukungan 48.742 suara atau 50.27 persen. Sedangkan Paket Sahabat memperoleh suara 48.206 suara atau 49.7 persen. Dan suara tidak sah sebanyak 1.482 suara.   

Rilisan data diumumkan resmi oleh Calon Bupati Agustinus Taolin didampingi Calon Wakilnya Aloysius Haleserens, Kamis (10/12/2020) pukul 00.30 Wita dini hari.

Menurut Agustinus hasil data sudah final sesuai penghitungan real quin count salinan C1 KWK yang dihimpun dari 426 TPS. Ini adalah data autentik dari salinan C1 yang sudah terinput di data tabulasi Rumah Perubahan Sehati. Hasilnya Paket Sehati unggul atas Paket Sahabat.  

"Datanya seperti yang saya paparkan ini. Puji Tuhan Sehati unggul. Kemenangan Sehati adalah kemenangan masyarakat Belu," tandasnya.

Untuk menjaga situasi agar Belu tetap aman, Agustinus mengimbau semua pendukung untuk tenang dan tidak melakukan pawai. Sehingga situasi Belu tetap aman, damai dan kondusif, sambil menunggu hasil resmi dari KPU.

"Terima kasih kepada masyarakat Belu, tim pendukung, pimpinan partai koalisi, KPU, Bawaslu, Polisi, TNI dan semua pihak yang sudah mendukungan kelancaran Pilkada Belu," pesannya.

Sebelumnya secara terpisah, Pasangan Calon Paket Sahabat (Willybrodus Lay-JT Ose Luan) melalui Calon Bupati, Willybrodus Lay menjelaskan hingga kini Paket Sahabat belum umumkan hasil penghitungan suara.

Pasalnya, data salinan C1 KWK semuanya belum masuk. Karena itu pihaknya akan menunggu perhitungan hingga pengumuman resmi dari KPU Belu.

"Kita semua tenang, karena perhitungan belum selesai, kita tunggu pleno dari KPU. Kita belum menang, atau belum kalah, masih tunggu perhitungan dari KPU," imbuhnya di kediaman pribadi miliknya di Haliren, Rabu (09/12/2020) malam di hadapan para pendukung Sahabat.

[No/G-Ntt]

Lebih baru Lebih lama