KPU Belu Buka Pendaftaran, Paket Sahabat dan Sehati Siap Mendaftar

Atambua, GerbangNTT. Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu telah mempersiapkan tahapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada serentak tahun 2020.

Adapun sejumlah persiapan yang telah dilakukan antara lain persiapan tempat, sarana-prasarana, personalia penerima pendaftaran serta pengamanan lokasi Sekretariat KPU Belu.

Ketua KPU Belu, Michael Nahak mengatakan bahwa sesuai tahapan pilkada, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati selama tiga hari  terhitung Jumat (4/9) sampai Minggu (6/9).

"Kami sudah membuka pendaftaran mulai Jumat-Sabtu dari sesuai jam kerja mulai pukul 08.00 wita sampai 16.00 wita, sedangkan hari Minggu mulai pukul 12.00 wita sampai 24.00 wita," jelas Michael seperti dilansir VN, Jumat (04/09/2020) malam.

Terkait dengan pendaftaran pada hari pertama, lanjut Michael, pihaknya belum ada bakal calon bupati-wakil bupati yang mendaftar, serta sesuai hasil konfirmasi dengan tim penghubung bakal calon merencakan pendaftaran pada hari kedua dan hari terakhir pendaftaran.

"Hari pertama belum ada yang mendaftar, dan sesuai informasi tim penghubung bahwa paket Sehati akan mendaftar Sabtu (5/9) sedangkan Paket Sahabat berencana akan mendaftar pada Minggu (6/9)," ungkap Michael.

Terkait pengamanan pada tahap pendaftaran, lanjut Michael, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Belu yang akan melibatkan 1 SSK personil yang akan bersiaga untuk mengamankan Kantor KPU selama berlangsungnya tahapan pendaftaran.

Terpisah Koordinator Tim Pemenang Paket Sehati, Yohanes Jefry Nahak mengatakan bahwa Sehati (Agustinus Taolin-Aloysius Haleserens) siap mendaftar pada KPU pada Sabtu (5/9) dengan membawa semua kelengkapan administrasinya.

"Kami siap mendaftar di KPU dan terlebih dahulu sesuai agenda kami akan menggelar deklarasi di Graha Kirani pada pukul 12.00 wita, kemudian dilanjutkan mendaftar di Kantor KPU pada pukul 15.00 wita," ungkap Epy.

Terkait rencana pendaftaran, lanjut Epy, pihaknya tetap mengikuti prosedur Covid-19 dengan perincian pimpinan 5 parpol pengusung, relawan serta tim keluarga.

Adapun dukungan bagi paket Sehati hingga batas akhir berjumlah 14 kursi antara lain NasDem 4 kursi, Golkar 4 kursi, PKB 3 kursi, PKPI 2 kursi, dan PKS 1 kursi.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Paket Sahabat (Willybrodus Lay-JT Ose Luan), Benny Kenen Budi memgatakan bahwa pihaknya siap memenangkan paket Sahabat pada Pilkada 2020 dan sesuai agenda akan mendaftar di KPU pada Minggu (6/9) mendatang.

"Kami siap mendaftarkan Paket Sahabat pada Minggu (6/9) nanti dan semua persyaratan dan kelengkapan administrasi telah kami penuhi, kami yakin akan berjalan sesuai rencana," ungkap Benny.

Terkait dukungan partai koalisi, lanjut Benny, Sahabat telah mengantongi 6 SK Partai Politik antara lain Demokrat 4 kursi, PDIP 4 kursi, PAN 3 kursi, GERINDRA 3 kursi, PPP 1 kursi dan HANURA 1 kursi.

[No/G-Ntt/VN]
Lebih baru Lebih lama