Babinsa dan Warga Desa Manusak Panen Perdana Bawang Merah

Kupang, GerbangNTT.Com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Camplong, Kodim 1604/Kupang Serda Antonius Kainoi melakukam terobosan dengan memanfaatkan lahan tidur di Desa Manusak Kabupaten Kupang, Kecamatan Kupang Timur sebagai lahan pertanian.

Didukung PT Pangan, Serda Antonius berhasil membudidayakan bawang merah dan melakukan panen perdana, Senin (28/09/2020).

Panen perdana bawang merah di lahan seluas satu hektar itu dihadiri Kabinda NTT, perwakilan Danrem 161/WS, Dandim 1604/KPG, PT Pangan, Kadis Ketahanan Pangan Kab.Kupang, Kasdim Kupang, perwakilan Camat Kupang Timur, Kepala BPD Manusak, Mahasiswa praktek Politani, Toga, Todat, dan Ibu- ibu Persit.

Dalam acara tersebut, Direktur PT. Pangan, Boby Priyo Utomo mengapresiasi besar atas keberhasilan yang dilakukan oleh TNI dalam hal ini Babinsa Serda Antonius Kainoi karena telah sukses panen bawang merah dilahan yang kering.

"Saya merasa bahagia dan gembira dengan panenan ini. Pertama kali saya  datang di NTT  bayangan saya tanah begitu keras tandus tapi ketika bertemu para babinsa, ternyata luar biasa bisa diolah dan mampu tanam bawang merah dengan varietas super bilis sebanyak 1 ton sehingga kita  bisa panen perdana," ujarnya.

Dirinya berharap, agar dengan keberhasilan ini, dibawah bimbingan Babinsa Serda Antonius Kainoi para petani lain dapat termotivasi dan terdorong. Hal ini akan didukung PT Pangan untuk memberikan tata cara praktek pembiayaan maupun pemasaran.

Pada kesempatan itu Danrem 161/Wira Sakti melalui Kasiter Korem 161/Wira Sakti Letkol Inf Seniman Zega, S.H, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada CV. Wibawa Mukti dan PT. Pupuk Kaltim beserta seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, Kelompok Tani Desa Manusak atas segala dukungan kerjasamanya, sehingga bersama-sama dapat melaksanakan panen perdana bawang merah dengan hasil yang memuaskan.

Menurutnya, pencapaian hasil panen perdana bawang merah kali ini, tentu tidaklah mudah, karena membutuhkan adanya kesungguhan dan kerja keras dalam sinergitas yang tinggi dari semua pihak, terutama masyarakat petani Desa Manusak dengan TNI AD Khususnya Kodim 1604/Kupang Jajaran Korem 161Wira Sakti beserta unsur pemerintah dan swasta, yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Hal ini dapat dijadikan sebagai contoh dan motivasi bagi masyarakat di wilayah Iainnya di Nusa Tenggara Timur.

Keberhasilan melaksanakan panen perdana bawang merah ini juga, seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, terutama di wilayah Desa Manusak, Kabupaten Kupang, Kecamatan Kupang Timur, agar senantiasa bergandengan tangan, bersinergi serta berkoordinasi dengan baik dan intensif, dalam upaya mendukung kelancaran dan suksesnya peningkatan hasil pertanian dan perkebunan Holtikultura, khususnya bawang merah, guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat tani di wilayah Desa Manusak, Kabupaten Kupang, Kecamatan Kupang Timur. 

"Saya berharap apa yang telah kita capai saat ini, dapat terus berjalan lancar dan lebih ditingkatkah Iagi. Koordinasi dan sinergitas harus terus dimantapkan antara semua unsur, komponen pemerintah dan masyarakat, guna mencapai hasil panen yang lebih maksimal Iagi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Ir. Pandepotan Sialagan
Menyampaikan terimakasih kepada TNI baik Korem 161/WS maupun Kodim/1604 Kupang yang telah memberikan nilai positif bagi petani serta sudah mendukung program pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Saya berterima kasih kepada jajaran TNI yang gagas kegiatan karena walau pandemi kita harus berikan terbaik untuk penuhi kebutuhan hidup. Kita diminta buat terobosan dan ini salah satu bagian pemulihan ekonomi sebagai dampak dari covid," tuturnya.

[Fk/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama