Deteksi Covid-19, Golkar Belu Datangkan Cartdrige Mesin TCM untuk RSUD Atambua

Atambua, GerbangNTT. Com - Partai Golkar Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Johanes Jefry Nahak terus gencar melakukan berbagai upaya untuk memerangi  kemungkinan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Belu.

Berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 terus dilakukan para Kader Partai Beringin itu sebelumnya di wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste itu.

Kali ini, berkat koordinasi DPD II Partai Golkar Kabupaten Belu dengan DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, berhasil mendatangkan Cartdrige mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) yang merupakan alat untuk membaca hasil laboratorium khusus Virus Corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MGR. Gabriel Manek, SVD Atambua.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Belu, Yohanes Jefri Nahak saat dihubungi media, Jumat (19/06/2020) mengatakan cartridge mesin TCM akan sangat bermanfaat dan memudahkan tenaga medis di RSUD Atambua untuk mengetahui pasien positif Covid-19.

Wakil Ketua I DPRD Belu ini mengaku, peralatan tersebut merupakan bantuan langsung dari pihak Kementerian Kesehatan RI atas perjuangan pihaknya sebagai partai Golkar Belu.

"Bantuan cartridge mesin TCM tes swab Covid-19 itu atas perjuangan Golkar. Awalnya Belu ada nama, tapi dalam undangan workshop yang ada hanya ada RS Sika, Sumba Timur, Ende, Manggarai Barat dan RSPP Betun," papar Epy Nahak begitu akrab dikenal.

Epy mengaku, dirinya sempat bertemu salah satu dokter setelah workshop dan menyampaikan bahwa Rumah Sakit Atambua tidak mendapat bantuan cartridge mesin TCM untuk deteksi atau proses test swab pasien terduga Covid-19.
"Atas kepedulian itu, saya selaku Ketua Golkar Belu langsung koordinasi dengan Ketua DPD I Golkar NTT Pak Melki Lakalena selaku Wakil Ketua Komisi XI membidangi kesehatan yang  terlibat langsung dengan penanganan Covid-19. Selanjutnya Pak Melki berkoordinasi dengan Dirjen P2P Kemenkes hingga bantuannya turun di Belu tanggal 17 Juni kemarin," katanya.

Bantuan cartridge mesin TCM deteksi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan itu tambah Epy juga diserahkan ke Puskesmas Haliwen, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak untuk deteksi TBC.

Terpisah, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, dr. Batsheba Elena Corputty mengatakan, sebelumnya RSUD Atambua telah memiliki peralatan TCM namun sudah rusak. Namun pihaknya memdapat lagi yang baru dari Kemenkes, hanya saja belum diinstalasi.

Dokter Elen negitu akrab dikenal menuturkan, saat ini RSUD Atambua memilik 60 cartridge mesin TCM. Dengan adanya cartridge mesin TCM ini, pihaknya dapat memeriksa pasien suspect Covid-19.

"Khusus untuk Covid ada 60 cartridge. Jadi dirumah sakit sudah bisa periksa, selesai instal kita bisa langsung runing," terang dr. Elen.

Ia mengaku, bantuan peralatan mesin TCM ini berkat bantuan dari Pak Jefri Nahak. Awalnya dari Dinkes kita dapat, tapi dengan pertimbangan alatnya belum diinstal akhirnya yang distribusi awal itu Malaka yang dapat.

"Karena kita alatnya sudah diinstal mereka datang bawah memang cartridgenya. Dan Pak Epy juga bantu komunikasi di atas, seperti itu," sebutnya.

[No/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama