Cegah Covid-19, Ini Himbauan Dandim dan Kapolres Belu untuk Warga

Atambua, GerbangNTT. Com - Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ary Dwi Nugroho dan Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian turun langsung ke jalan untuk menghimbau agar masyarakat Kabupaten Belu dapat mengantisipasi dan mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Pantauan media ini, himbauan orang nomor satu di masing-masing institusi TNI dan Polri di Kabupaten Belu itu berlangsung di Pasar Baru Atambua, Selasa (24/03/2020) pagi.

Kepada masyarakat, Dandim Nugroho mengimbau agar tenang dan bijak dalam menghadapi permasalahan yang saat ini sedang terjadi, bagi masyarakat yang beraktifitas di dalam pasar agar memperhatikan kesehatan diri masing-masing dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah, karna aktifitas kontak langsung dengan para pembeli sangat sering terjadi.

Selain itu, perlu budayakan hidup sehat dengan mengatur pola makan yang sehat, rajin untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta perbanyak mengkonsumsi air putih.

Hindari keramaian, jaga jarak antara orang perorang, sehingga dapat menempatkan kita pada posisi yang aman dan selalu gunakan masker pada saat bepergian atau sedang berada dalam pasar.
Kesempatan itu, Dandim mengemukakan bahwa, di kabupaten belu telah ada gugus tugas dalam pencegahan penyebaran virus corona-19 ini, untuk itu diharapkan kepada seluruh masyarakat kabupaten belu apabila ada tetangganya, sahabatnya, keluarganya yang baru pulang dari luar NTT khususnya luar negeri agar segera melaporkan ke gugus tugas dengan menghubungi nomer kontak 081238654568.

Sementara itu, Kapolres Belu AKBP Cliffry Steinly Lapian membacakan Maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomer: Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Adapun isi maklumat tersebut antara lain menghimbau masyarakat menjaga jarak dengan orang lain (social distance), serta menghindari kerumunan orang banyak terutama di semua tempat umum.

Kapolres Cliffry menegaskan masyarakat harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggalnya serta rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun maupun handsaniter saat di luar rumah.

Pihaknya juga meminta warga yang sakit agar segera periksa kesehatan ke dokter, puskesmas dan rumah sakit terdekat agar dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

Terkait berbagai isu yang provokatif yang sifatnya hoax, pihaknya menghimbau agar masyarakat jangan mudah terpengaruh dan mengkonfirmasi kepada sumber-sumber yang terpercaya.

[No/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama