Atambua,GerbangNTT.com-Satuan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 408/Suhbrastha (SBH) asal Kota Sragen bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Kabupaten Belu menggantikan
Yonif 743/PSY.

Pergantian pasukan Satgas berlangsung dalam acara
Alih Komando Pengendalian di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Kelurahan  Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Selasa (20/11/2018).

Acara alih Komando Pengendalian ditandai dengan penandatanganan naskah memorandum dan penyerahan Bendera Merah Putih dari Dansatgas Pamtas Yonif 743/PSY Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan kepada Mayor (Inf) Joni Eko Prasetyo selaku Dansatgas baru Yonif Raider 408/SBH di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif 743/PSY Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan, selama 10 bulan bertugas Satgas 743/PSY cukup banyak melakukan kegiatan kemanusiaan bersama warga disamping melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah wilayah perbatasan.

"Sudah cukup banyak yang kami jalani selama 10 bulan bertugas di wilayah perbatasan Belu. Kami bertugas di sini dengan jiwa yang bersahabat dan selalu bersama dengan masyarakat," kata dia.

Dituturkan bahwa, satuan yang menggantikan Yonif 743/PSY sebagai Satgas Pamtas melaksanakan tugas operasi menjaga wilayah perbatasan Sektor Timur yakni Yonif Raider 408/SHB asal Kota Sragen.

Terkait dengan itu, Tangkas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Belu, DPRD Belu, warga Belu, insan pers dan seluruh stakeholder yang telah membantu satuan dalam melaksanakan tugas.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf, apabila selama bertugas ada sikap dan tingka laku Anggota yang kurang berkenan di hati masyarakat perbatasan Belu," ujar dia.

Kesempatan itu Dansatgas  Pamtas Yonif Raider 408/SBH, Mayor (Inf) Eko Prasetyo mengatakan, sebagai Satgas pengganti dirinya memohon dukungan serta kerja sama yang baik dari seluruh elemen masyarakat Belu demi menjaga wilayah perbatasan NKRI.

"Mohon bantuan kerjasama dari seluruh stakeholder, para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Belu dalam melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan kedepan," ungkap dia.

Prestasi yang diraih Satgas Yonif 743/PSY selama pelaksanaan tugas operasi menjaga perbatasan akan menjadi acuan buat satuan Yonif Raider 408/SBH sebagai Satgas dalam melaksanakan tugas.

"Kami Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH memiliki semboyan Merah Putih Berkibar, Bersatu Membangun Negeri," tandas Eko.

Acara tersebut dihadiri juga Danyon RK 744/SYB, Kasdim 1605-Belu, Wakapolres Belu,  Dansub Pom Atambua, Wadanki Brimob Atambua,  Kepala PLBN Motaain, Kepala Bea Cukai Atambua, Romo Yoris Giri Pr, Camat Atambua Barat, Kepala LPP RRI, Perwakilan Imigrasi Atambua, Pimpinan BUMN/BUMD serta tokoh masyarakat Belu. (man)

Bagikan:

GerbangNTT.Com

Post A Comment: