Ini Sejarah Berdirinya Kantor Bea Cukai Atambua yang Diresmikan Kakanwil Bali Nusra

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali, NTB, NTT, R. Syarif Hidayat meresmikan gedung Kantor Bea dan Cukai Atambua dan Pos Pengawasan Bea dan Cukai Labuan Bajo.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kakanwil Bali Nusara dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan yang dilakukan di Kantor Bea dan Cukai Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat, Selasa (08/05/2018).

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Kepala Kantor Bea dan Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah, Kepala Kantor Pos Pengawasan Bea dan Cukai Labuan BajoPimpinan dan staf bea dan cukai Timor Leste, Pimpinan Forkompinda Plus, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali, NTB, NTT, R. Syarif Hidayat dalam sambutannya mengatakan dibangunnya gedung baru ini merupakan wujud nawacita Presiden Jokowi yang ketiga yaitu membangun Indonesia dari daerah perbatasan/pinggiran.

"Pembangunan gedung inilah salah satu yang kami lakukan untuk mendukung nawacita Presiden Jokowi," ujar Syarif.

Dikatakan Syarif, dalam menjalankan tugas Bea dan Cukai tidak dapat bekerja sendiri didalam melaksanakan tugas pokoknya.

Karena itu dirinya sangat mengharapkan dukungan dari Forkompinda dan stakeholder lainnya yang ada di daerah perbatasan negara.
Dengan hadirnya kantor baru ini dapat mendorong pegawai Bea dan Cukai Atambua untuk bekerja lebih baik terutama selalu menjunjung tinggi nilai integritas dalam melaksanakan tugas.

Sebelumnya, Kepala Kantor Bea dan Cukai Atambua, Tribuana Watangterah dalam sambutannya mengatakan keberadaan kantor pelayanan dan pengawasan Bea dan Cukai tipe madya pabean B  Atambua Memeliki sejarah yang cukup panjang.

Berikut kutipan sejarah keberadaan kantor pelayanan dan pengawasan Bea dan Cukai tipe madya pabean B  Atambua yang dipaparkan Tribuana.

"Kantor pelayanan dan pengawasan Bea dan Cukai tipe madya pabean B  Atambua berawal dari sebuah kantor cabang tingkat II dibawah naungan kantor inpeksi kupang yang keberadaan kantornya berada di pelabuhan Atapupu dan berdiri sejak tahun 1980.

Pada tahun 1967, kantor cabang tingkat II Atambua ini mengalami kenaikan nomenklatur menjadi kantor inpeksi tipe BB.

Selanjutnya pada tahun 1990, mengalami penurunan nomenklatur menjadi pos pembantu.

Pada tahun 2002 mengalami peningkatan tipe menjadi kantor tipe C Atapupu seiring meningkatnya aktivitas arus lalu lintas barang yang disebabkan oleh hadirnya negata tetangga RDTL.

Dengan semakin berkembangnya perekonomian antar negara RI dan Timor Leste maka di tahun 2007, kantor tipe C Atapupu ditingkatkan nomenklaturnya menjadi kantor tipe B Atapupu. Kantor tipe B Atapupu hanya berjalan selama 4 tahun.

Pada tahun 2011, kantor tipe B Atapupu mengalami kenaikan nomenklatur kembali menjadi kantor tipe pratama Atapupu.
Pada akhirnya melalui peraturan menteri keuangan RI dan keputusan Dirjem Bea Cukai Nomor Kep 63/BC/2015 kantor tipe pratama Atapupu mengalami peningkatan tipe menjadi KPBC tipe madya pabean B Atambua yang diresmikan pada tanggal 1 Maret 2015.

KPBC tipe B Atambua melakukan pergeseran kantor yang awalnya berada di pelabuhan Atapupu ke jalan Imam Bonjol Kota Atambua.

Pemindahan ini untuk mempermudah pelayanan kepabeanan dan cukai, disamping itu untuk mendekatkan diri kepada para pengguna jasa yang mayoritas berdomisi di Kota Atambua.

Belum tersedianya kantor yang memadai, maka KPBC tipe B Atambua menempati Ruko sementata di jalan imam bonjol.

Guna mendukung peran bea cukai Atambua dalam menjalankan visi dan misi maka direncanakan membangun kantor yang representatif yang pembangunannya di mulai tanggal 26 Mei 2017 dan selesai pada tanggal 21 Desember 2017 dengan nilai realisasi anggaran 11,4 Milyard".

Tribuana, dalam kesempatan itu juga mengemukan KPBC tipe B Atambua memeliki visi menjadi kantor bea cukai modern, terbaik dan terpercaya dalam rangka turut mendorong pertumbuhan industri dan perdagangan. Serta misi melakukan pengawasan, memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa.

Selain visi dan misi tersebit, KPBC tipe B Atambua memeliki motto service, profesional, education, care, integriti, attitude, loyalti yang disingkat menjadi special border.

Ia berharap, dengan diresmikan gedung kantor yang baru, visi dan misi yang ada dapat berkembang dengan maksimal.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama