Serahkan KIP: Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Pelajar di Kupang-NTT.

GerbangNTT. Com, KUPANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke SMK 3 Kota Kupang, Timor Barat, Senin (08/01/2018).

Kunjungan Jokowi ke sekolah itu untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar yang ada di Kota Kupang.

Presiden menyerahkan KIP kepada 1.148 siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan peserta program kesetaraan yang diwakili secara simbolis oleh 12 siswa dalam kesempatan itu.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengemukakan, KIP untuk anak SD sebesar Rp450 ribu, SMP sebesar Rp750 ribu dan SMA/SMK sebesar Rp 1 juta.

Jokowi meminta dana yang ada agar dipakai untuk beli seragam, beli sepatu boleh, beli baju, beli buku boleh, beli tas sekolah boleh.

Presiden mengingatkan, bahwa KIP tidak boleh untuk beli pulsa.

“Begitu tahu dipakai untuk beli pulsa, kartunya dicabut ya, enggak boleh,” tegas Presiden.

Presiden juga meminta para siswa agar rajin belajar. Ia menceritakan pengalaman pribadinya saat masa sekolah dulu agar lebih pintar dari anak yang lain.

“Anak-anakku semuanya, sekali lagi anak-anakku semuanya harus rajin belajar karena ke depan persaingan semakin ketat yang kita hadapi. Persaingan SDM, sumber daya manusia antar negara saling bersaing. Jadi kalau anak anak tidak belajar nanti kita akan kalah bersaing dengan negara-negara lain,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga memberikan sepeda kepada beberapa siswa yang bisa menjawab pertanyaannya.

Salah seorang siswa awalnya digoda Presiden dengan tidak langsung diberikan sepeda. Ketika ditanya ingin hadiah apa, dia tidak meminta hadiah sepedanya namun minta ditukar dengan laptop.

Presiden pun menyanggupi dan berjanji akan memberikannya besok karena tidak membawa laptop.

“Sepeda enggak mau, mintanya laptop. Ya udah, saya beri laptop untuk Ade, ya. Karena enggak bawa laptop nanti saya antar ke rumah atau ke sekolah, paling lama besok sudah sampai,” ucap Jokowi.

Turut hadir dalam kesempatan itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan  Gubernur Provinsi NTT Frans Lebu Raja.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan rombongan, akan melakukan kunjungan kerja di NTT selama dua hari, yakni 8-9 Januari.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama