Tingkatkan Kapasitas, Bawaslu Belu Gelar Bimtek untuk Anggota Panwascam.

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) SeKabupaten Belu di Aula Hotel Nusantara Dua, Atambua, Belu, Timor Barat.

"Kegiatan bimtek ini untuk tingkatkan kapasitas anggota Panwascam sebagai pengawas Pemilu," ujar Ketua Bawaslu Belu, Andreas Parera, Selasa (05/12/2017).

Dikatakan, bimtek peningkatan kapasitas ini agar anggota Panwascam sebagai pengawas pemilu dapat menjalankan tugas secara baik dalam mengawasi setiap proses (tahapan) pemilu yang berlangsung.

"Ini sangat penting sehingga mereka (Panwas) paham mekanisme pelaksanaan dan juga bagaimana mereka paham bagaimana mengawasi pelaksanaan karena ini tugas utama mereka," tutur Andre.

Intinya tambah Andre, anggota Panwascam paham bagaimana tahapan dilaksanaan, paham bagaimana mengawasi pelaksanaan tahapan dan paham bagaimana menangani pelanggaran yang terjadi dalam proses pelaksanaan tahapan pemilu.

Lebih lanjut jelas Andre, Bimtek ini bagian dari persiapan panwas untuk mengahadapi Pemilu Gubernur (Pilgub) NTT tahun 2018 dan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

"Saat ini memasuki tahapan-tahapan pemilu sekarang yang dekat itu Pilgub dan Pileg. Tahapan yang sekarang jalan verifikasi administrasi dan  verifikasi faktual bagi parpol dan Pilgub sementara tahapan pemutkhiran data. Dua pemilu yang akan berjalan bersamaan ini kita harus benar-benar siap," terang Andre.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek digelar selama dua hari sejak kemarin Senin (04/12/2017) dan hari ini Selasa diikuti 36 anggota Panwascam di 12 kecamatan sekabupaten Belu.

Selain Bimtek bagi Anggota Panwascam, Bawaslu Belu juga akan menggelar beberapa kegiatan lain diantaranya, FGD Pengawasan Partisipatif, Bintek Verifikasi Faktual, Sosialisasi Pengawasan Pemilu kepada pemilih pemula dan Rakor Mekanisne Penanganan Pelanggaran dan Sengketa.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama