Survei Populi: 62% Masyarakat Puas 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

GerbangNTT. Com, JAKARTA - Lembaga survei Populi Center merilis hasil penilaian masyarakat atas tiga tahun kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK).

Lebih dari 50 persen masyarakat puas atas kinerja Jokowi-JK.

Survei dilakukan pada 19-26 Oktober 2017 di 34 provinsi di Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dan dipilih secara acak (multistage random sampling). Margin of error dalam survei sebesar -/+ 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei, responden diberi pertanyaan, 'Apakah puas atau tidak puaskah Anda dengan kinerja Jokowi-JK?'. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, 62,0% merasa puas terhadap kinerja Jokowi-JK. Sedangkan 35,1% tidak puas dan sisanya menjawab/tidak tahu.

"Kami mengambil tema Indonesia-sentris karena melihat Pak Jokowi ingin pembangunan diratakan ke seluruh Indonesia. Intinya bahwa ada konektivitas antara Jawa dan luar Jawa atau seluruh bangsa Indonesia ini," ujar Direktur Populi Center Usep S Ahyar dalam rilis di kantornya di Slipi, Jakbar, Kamis (02/11/2017).

Terkait pembangunan 'Indonesia-sentris', 77,5% masyarakat setuju dengan kebijakan pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera, 75,8% masyarakat setuju dengan proyek Trans Papua, dan 73,6% masyarakat setuju dengan pembangunan rel kereta di Sulawesi.

Ketiga proyek ini merupakan program kerja pemerintahan Jokowi-JK soal pembangunan di luar Pulau Jawa.

[lkw/dkp/detiknews]
Lebih baru Lebih lama